Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun Syamil Dodo episode akhlak mulia dan relevansinya dengan pendidikan Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'adah, Vina Fitri (2024) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam film kartun Syamil Dodo episode akhlak mulia dan relevansinya dengan pendidikan Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Vina Fitri Sa'adah_D01217031 OK.pdf

Download (548kB)
[img] Text
Vina Fitri Sa'adah_D01217031 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, media bukan hanya sebagai alat komunikasi. Disamping itu, media memiliki fungsi lain yaitu sebagai alternatif penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak. Saat ini, penanaman nilai tersebut dapat dilakukan melalui media cetak seperti majalah, buku, dan novel maupun media visual seperti internet, komputer, radio, film dan televisi. Saat ini, televisi membawa pengaruh yang cukup besar terhadap kepribadian anak-anak. Sementara itu, film kartun yang ditonton di televisi kebanyakan berasal dari luar negeri yang kurang mendidik. Film kartun Syamil Dodo menjadi film kartun karya NCR Production yang dibuat untuk mengedukasi anak-anak karena banyak muatan pendidikan akhlak. Pada setiap episodenya sering memperlihatkan nilai pendidikan dan diperlihatkan lewat tindakan maupun dialog yang dilaksanakan sejumlah tokoh film kartun Syamil dan Dodo episode “Akhlak Mulia”. Dalam episode ini terkandung nilai-nilai akhlak mahmudah (terpuji) yang mampu memberikan pemahaman serta pembelajaran bagi anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menegetahui deskripsi film kartun Syamil Dodo (2) Untuk mengetahui nilai-nillai pendidikan akhlak dalam film kartun Syamil Dodo (3) Untuk mengetahui relevansinya terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan terdiri dari sumber data primer, yaitu video film Syamil dan Dodo, sumber data sekunder yaitu berupa buku-buku, majalah, dan literatur-literatur yang relevan dengan penelitian ini untuk memperkuat pendapat dan melengkapi hasil penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi. Adapun dalam menganalisis data yang digunakan adalah analisis isi content analysis yaitu penelitian yang dilakukan terhadap informasi, yang di dokumentasikan dalam rekaman, baik dalam gambar, suara, maupun tulisan. Kemudian dilakukan interpretasi secara deskriptif yaitu dengan memberikan gambaran dan penafsiran serta uraian tentang data yang telah terkumpul. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disimpulkan bahwa film kartun Syamil dan Dodo adalah animasi dua dimensi yang pembuatannya memakai bidang datar. Film animasi tersebut merupakan animasi yang bergenre drama informasi sebab di dalamnya mengandung pesan-pesan moral dan pengetahuan tentang Islam, yaitu: keikhlasan, kesabaran dan kejujuran. Relevansinya dengan pendidikan Agama Islam: pertama, tujuan Pendidikan Agama Islam tidak bisa tercapai kecuali dengan akhlak sebagai penyeimbangnya. Kedua, materi Pendidikan Agama Islam mengandung materi akidah, syari’ah, akhlak, dan Al-Qur’an Hadist. Ketiga, metode Pendidikan Agama Islam meliputi metode hiwar, metode targhib wa tarhib, metode keteladanan (uswah), dan metode mau’idzah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'adah, Vina Fitrivinafitrisa728@gmail.comD01217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Thesis advisorFahmi, Muhammadmuhammadfahmi@uinsa.ac.id2106087701
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Keywords: Nilai Pendidikan Akhlak; Film; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Vina Fitri Sa'adah
Date Deposited: 01 Sep 2024 09:23
Last Modified: 01 Sep 2024 09:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73176

Actions (login required)

View Item View Item