Strategi kampanye kandidat berlatar belakang TNI: studi kasus pemilihan kepala Desa Parangbatu Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban tahun 2019

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Auliya, Rizqi Pratiwi (2024) Strategi kampanye kandidat berlatar belakang TNI: studi kasus pemilihan kepala Desa Parangbatu Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban tahun 2019. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Auliya Rizqi Pratiwi_I71217025.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Auliya Rizqi Pratiwi_I71217025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Pemilihan kepala desa merupakan proses demokrasi yang dilakukan dilingkup pemerintahan desa yang akan dipilih secara langsung oleh masyarakat. Seorang anggota TNI aktif yang memilih untuk pensiun dini dan mencalonkan dirinya untuk mengikuti kontestasi pemilihan kepala desa yang dilakukan di desa Parangbatu untuk membangun desanya menjadi lebih baik. Sehingga pada penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang strategi kampanye yang digunakan oleh kandidat untuk menarik hati masyarakat di desa Parangbatu serta menjelaskan faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam melakukan strategi kampanyenya. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik yang digunakan adalah wawancara secara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Pemilihan informan pada pada penelitian ini menggunakan Teknik purposive sampling. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori marketing politik yang dikemukakan oleh Niffeneger yang mana teori ini sebagai acuan penulis dalam melakukan penelitiannya. Hasil dari penelitian ini menjelaskan strategi yang digunakan untuk memikat hati masyarakat menggunakan stratgei produk yang mana kandidat menjelaskan visi, misi, dan program kerjannya, rekam jejaknya sehingga masyarakat dapat menggenal sosoknya, serta karakteristik kandidat. Strategi promosi yang mana kandidat bertemu langsung dengan masyarakat untuk berkomunikasi langsung, kandidat juga mengait dukungan tokoh masyarakat yang dinilai dapat menumbuhkan partisipasi masyarakat dan juga menggunakan media untuk mempromosikan dirinya. Strategi harga yang menjelaskan besar biaya yang kandidat keluarkan pada masa kampanye serta nilai psikolog dan image politik yang dibangun oleh kandidat. Strategi tempat yang digunakan kandidat untuk mempromosikan produk-produk politiknya. Strategi segmentasi yang merupakan target yang ingin dicapai oleh kandidat untuk memenangkan pemilihan kepala desa. Apapun faktor penghambat yang ditemukan adalah persoalan money politik. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kekecewaan masyarakat pada kepemimpinan sebelumnya, karakteristik dan citra kandidat serta program dan gagasan kandidat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Auliya, Rizqi Pratiwiaulyarzk@gmail.comI71217025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuwarko, Aniandisuwarko1974@gmail.com2010117401
Subjects: Politik
Pemilihan Umum
Keywords: Strategi kampanye; pemilihan kepala desa; kandidat; TNI
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Auliya Rizqi Pratiwi
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:25
Last Modified: 05 Sep 2024 02:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73191

Actions (login required)

View Item View Item