Analisis maslahah mursalah terhadap upaya pencegahan perkawinan anak melalui program generasi berencana: studi di Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ahza, Aifi Alifiyah (2024) Analisis maslahah mursalah terhadap upaya pencegahan perkawinan anak melalui program generasi berencana: studi di Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aifi Alifiyah Ahza_C91217092.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aifi Alifiyah Ahza_C91217092_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif yang berjudul “Analisis Maṣlaḥah Mursalah Terhadap Upaya Pencegahan Perkawinan Anak Melalui Program Generasi Berencana (Studi di Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Provinsi Jawa Timur)”. Penelitian ini dilakukan di Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur di Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yang ada dalam rumusan masalah yaitu: Bagaimana upaya pencegahan perkawinan anak dalam program Generasi Berencana oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur? Bagaimana analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap upaya pencegahan perkawinan anak dalam program Generasi Berencana oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur? Metode penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Data yang diperoleh dan terkumpul dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pola pikir deduktif yang selanjutnya akan disusun secara sistematis sehingga menjadi data yang kongkrit dan dianalisis menggunakan teori Maṣlaḥah Mursalah. Hasil penelitian ini menyimpulkan: pertama, pencegahan perkawinan anak melalui program Generasi berencana oleh BKKBN termasuk Perwakilan BKKBN Jawa Timur yakni melalui sosialisasi bagi remaja yang belum berkeluarga, edukasi bagi remaja yang sudah berkeluarga, dan penyuluhan kepada keluarga yang memiliki anak remaja. Kedua, menurut perspektif Maṣlaḥah Mursalah, pencegahan perkawinan anak ini sudah sejalan dengan tujuan Maṣlaḥah Mursalah yaitu mendatangkan suatu manfaat dan berusaha untuk menghilangkan suatu hal yang menimbulkan keburukan bagi manusia. Sejalan dengan kesimpulan di atas, penulis menyarankan agar Perwakilan BKKBN Jawa Timur dapat meningkatkan kegiatan sosialisasi, edukasi dari program Generasi Berencana untuk melakukan pencegahan perkawinan anak secara langsung di desa-desa yang terpencil, khususnya desa yang masih aktif melakukan tradisi nikah muda. Serta dapat memaksimalkan dalam menurunkan angka perkawinan anak yang juga masih tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ahza, Aifi Alifiyahaifi.lavigne63@gmail.comC91217092
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMalik, Arif Jamaluddinarjamal77@gmail.com2006117202
Subjects: Hukum Islam > Keluarga Berencana
Hukum Islam > Perkawinan
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: BKKBN
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Aifi Alifiyah Ahza
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:44
Last Modified: 05 Sep 2024 02:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73193

Actions (login required)

View Item View Item