Perancangan alat pencacah sampah organik tenaga angin skala rumah tangga

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yasmine, Devina (2024) Perancangan alat pencacah sampah organik tenaga angin skala rumah tangga. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devina Yasmine_H75217055 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Devina Yasmine_H75217055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemanfaatan energi angin di Indonesia bisa lebih dimaksimalkan dengan pengembangan dalam skala kecil. Potensi angin di Indonesia yakni sekitar 60.647 GW dan kapasitas energi yang sudah terpasang sekitar 154 MW. Di sisi lain sampah organik berupa kayu, ranting dan daun menempati posisi ketiga jumlah komposisi sampah terbesar di Indonesia menurut data SIPSN (Sistem Informasi Pengelolaan Sampah Nasional) 2023 yakni sekitar 12,51%. Penelitian ini bertujuan untuk merancang alat pencacah sampah organik tenaga angin skala rumah tangga sebagai solusi penumpukan sampah organik kering rumah tangga berupa daun dan ranting dengan energi yang ramah lingkungan serta mengetahui performa alat pada kebutuhan kecepatan angin dan tegangan listrik yang dapat dihasilkan. Metodologi penelitian yang dilakukan pada perancangan alat ini menggunakan metode eksperimen. Metode perancangan alat prototipe menggunakan metode percobaan/eksperimen untuk mengetahui pengaruh atau gejala yang dapat timbul dari suatu akibat adanya perlakuan tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses perancangan prototipe alat membutuhkan waktu selama 6 hari. Spesifikasi alat pembangkit listrik tenaga angin menggunakan penggerak generator magnet permanen dengan baling – baling dari pipa PVC ꝋ 3” yang dibelah dan memiliki panjang 50 cm. Tinggi tiang pembangkit listrik angin sekitar 1 m dan tiang tambahan sekitar 50 cm, sehingga total tinggi tiang yakni 1,5 m. Untuk spesifikasi alat pencacah sampah organik menggunakan penggerak dinamo RS 775 dan disambungkan dengan pisau cacah dari pisau gerinda kayu dengan ꝋ 4”. Hasil pengecekan performa alat diketahui bahwa kincir dapat berputar dari kecepatan 0,1 m/s. Dalam penelitian ini kecepatan angin maksimal yang diperoleh sebesar 2,4 m/s. Tegangan listrik yang dihasilkan oleh alat pembangkit listrik tenaga angin maksimal 0,3 V dan tegangan yang dibutuhkan untuk mengoperasikan alat cacah minimal sebesar 3,24 V serta untuk hasil maksimal alat cacah membutuhkan tegangan ± 64V.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yasmine, Devinadyasmine16@gmail.comH75217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwazna@uinsby.ac.id2028038601
Thesis advisorAmrullah, Amrullahaamrullahaziz@gmail.com2003097303
Subjects: Lingkungan Hidup
Teknik Lingkungan
Keywords: Alat pencacah sampah; sampah organik; tenaga angin
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Devina Yasmine
Date Deposited: 13 Sep 2024 07:47
Last Modified: 13 Sep 2024 07:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73253

Actions (login required)

View Item View Item