Analisis peran produktif ibu rumah tangga melalui urban farming serta identifikasi kesejahteraan keluarga dengan pendapatan dan konsumsi: studi kasus kelompok Tani Serpis Kelurahan Jemur Wonosari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azizah, Amalia Nur (2024) Analisis peran produktif ibu rumah tangga melalui urban farming serta identifikasi kesejahteraan keluarga dengan pendapatan dan konsumsi: studi kasus kelompok Tani Serpis Kelurahan Jemur Wonosari Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Nur Azizah_08030120070 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Amalia Nur Azizah_08030120070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ibu rumah tangga adalah peran yang disematkan kepada mereka para perempuan yang sudah menikah. Ibu memegang peranan penting dalam keluarga, dimana mereka dapat menjalankan peran gandanya sekaligus yakni peran domestik serta produktif. Ibu rumah tangga dapat melakukan peran produktif dengan memanfaatkan waktu luang mereka dengan berkarir maupun kegiatan lainnya yang dapat menambah pendapatan keluarga. Salah satu kegiatan yang dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga dalam menjalankan peran produktif ialah dengan ber-urban farming. Di Surabaya praktik kelompok tani urban farming sudah banyak di realisasikan dan di dukung oleh Pemerintah Kota Surabaya. Urban farming dinilai dapat menjadi jawaban akan masalah ketahanan pangan serta penambahan pendapatan masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan ibu rumah tangga dalam melakukan urban farming. Wawancara dan dokumentasi dilalukan untuk menggali lebih dalam tentang rumusan masalah peneliti. Penelitian ini bertujuan untuk :1) Menganalisis peran produktif Ibu rumah tangga yang terlibat dalam kelompok tani urban farming. 2) Menindentifikasi kesejahteraan ekonomi keluarga ibu rumah tangga yang ber urban farming melalui indikator pendapatan dan konsumsi. Hasil penelitian menerangkan bahwa ibu rumah tangga yang tergabung dalam anggota kelompok tani serpis, menjalankan peran produktifitasnya dengan baik di kelompok urban farming. Mereka mendapatkan penambahan pendapatan dari hasil panen sayur ataupun menjualkan produk urban farming lainnya. Ibu rumah tangga rata-rata berkontribusi 30% terhadap total pendapatan keluarga mereka dan 58,3% keluarga anggota termasuk dalam keluarga dengan kategori pendapatan sangat tinggi. Selain itu, disisi konsumsinya terbagi dua pangan dan non pangan. Di sisi non pangan lebih tinggi pengeluarannya, dikaenakan dari sisi pangan konsumsi keluarga terbantu adanya bagi hasil panen urban farming. Penelitian ini dapat menjadi rekomendasi kepada pemerintah atau pihak pengelola lainnya, terkait pengawasan dan pembinaan kelompok tani urban farming agar dapat lebih baik lagi. Selain itu, saran bagi penelitian selanjutnya agar dapat mengembangkan metode penelitian menggunakan pendekatan mix method kualitatif dan kuantitatif untuk mendapatkan hasil pemahaman yang lebih komprehensif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azizah, Amalia Nuramaliazizah15@gmail.com08030120070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusfiqoh, Sitisitimusfiqoh@uinsby.ac.id2013087601
Subjects: Ekonomi
Keluarga
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Peran produktif; urban farming; kesejahteraan ekonomi keluarga
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Amalia Nur Azizah
Date Deposited: 13 Sep 2024 08:14
Last Modified: 13 Sep 2024 08:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73258

Actions (login required)

View Item View Item