Pengaruh asimetri informasi, moralitas individu, dan keefektifan pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi: studi pada KANREG II BKN Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Anindita Dyah Utami (2023) Pengaruh asimetri informasi, moralitas individu, dan keefektifan pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi: studi pada KANREG II BKN Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anindita Dyah Utami Putri_G02219006 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Anindita Dyah Utami Putri_G02219006 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 23 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti mengenai signifikasi pengaruh asimetri informasi, moralitas individu, dan keefektifan pengendalian internal terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi pada KANREG II BKN Surabaya. Kecenderungan kecurangan akuntansi ialah sebuah kesalahan yang sengaja dilakukan oleh seseorang. Kecurangan terjadi ketika prosedur yang seharusnya diterapkan oleh suatu entitas tidak dijalankan dengan benar. Hal ini dapat mengakibatkan laporan keuangan yang dihasilkan oleh industri, di mana salah saji material pada laporan keuangan data dalam informasi keuangan tidak akurat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini pegawai KANREG II BKN Surabaya. Sampel yang digunakan dengan jumlah 100 responden. Metode pengumpulan sampel adalah teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner kepada responden.Berdasarkan hasil penelitian ini membuktikan bahwa Asimetri informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi, moralitas individu berpengaruh postif tetapi tidak signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Keefektifan pengendalian internal berpengaruh positif dan signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Dapat disimpulkan bahwa perlu adanya pendekatan internal antara atasan dengan bawahan agar terjadi pertukaran informasi yang baik, serta perlunya peningkatan kembali internalisasi nilai–nilai karakter untuk membangun moralitas pegawai dan penerapan pengendalian internal agar tidak memberikan kesempatan pegawai untuk melakukan kecurangan akuntansi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Anindita Dyah Utamianinditadyah19@gmail.comG02219006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHabibi, M. Luthfillahismiluthfi@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Etika
Teknologi
Keywords: Asimetri Informasi; Moralitas Individu; Keefektifan Pengendalian Internal; Kecenderungan Kecurangan Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Anindita Dyah Utami Putri
Date Deposited: 23 Sep 2024 06:13
Last Modified: 23 Sep 2024 06:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73276

Actions (login required)

View Item View Item