Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap financial distress pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2019-2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wardani, Devyta Putri (2024) Pengaruh profitabilitas, leverage, dan kebijakan dividen terhadap financial distress pada perusahaan properti dan real estate yang terdaftar di BEI periode 2019-2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devyta Putri Wardani_08020220053.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Devyta Putri Wardani_08020220053_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan utama perusahaan adalah mendapatkan laba atau profit yang sebanyak-banyaknya dan mampu membayar kewajiban dengan memanfaatkan aset yang dimilikinya. Saat perusahaan kesulitan dalam membayar utang, maka perusahaan akan berada dalam kondisi financial distress. Kondisi tersebut jelas menjadi ketakutan terbesar tiap perusahaan. Salah satu cara mengatasi financial distress adalah meningkatkan laba perusahaan. Dengan meningkatnya laba atau profit, diharapkan perusahaan dapat membiayai aktivitas operasionalnya dan membayar kewajibannya. Selain itu, perusahaan juga harus memperhatikan leverage yang dimilikinya. Leverage adalah rasio keuangan untuk melihat pembiayaan utang atas aset yang dimiliki perusahaan. Hal lain yang perlu diperhatikan perusahaan agar terhindar dari financial distress adalah menarik investor untuk berinvestasi sehingga aktivitas operasional perusahaan bisa tetap berjalan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif, dengan cara mengunjungi situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) yaitu www.idx.co.id. Pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling sehingga mendapatkan 17 perusahaan per tahun. Periode yang diambil dalam penelitian ini adalah 4 tahun (2019-2022), maka total sampel yang akan diteliti adalah 68 perusahaan. Financial Distress dihitung menggunakan model Altman Z-Score, Profitabilitas dihitung menggunakan ROA, Leverage dihitung menggunakan DER, dan Kebijakan Dividen dihitung menggunakan DPR. Hasilnya, Profitabilitas memiliki pengaruh secara negatif dan signifikan terhadap financial distress, Leverage memiliki pengaruh secara positif dan signifikan terhadap financial distress, Kebijakan dividen memiliki pengaruh secara negatif dan signifikan terhadap financial distress, serta Profitabilitas, Leverage, dan Kebijakan Dividen memiliki pengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap financial distress.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wardani, Devyta Putridevyta1010@gmail.com08020220053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselvia.eka@uinsby.ac.id2030079304
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keywords: Financial distress; profitabilitas; leverage; kebijakan dividen; properti; real estate
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Devyta Putri Wardani
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:17
Last Modified: 05 Sep 2024 02:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73318

Actions (login required)

View Item View Item