Analisis penerapan pendidikan karakter toleransi dan cinta tanah air Indonesia di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzah, Nurul (2024) Analisis penerapan pendidikan karakter toleransi dan cinta tanah air Indonesia di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Izzah_06020920030 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (4MB)
[img] Text
Nurul Izzah_06020920030.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat akibat arus globalisasi. Nilai-nilai kebangsaan dan toleransi seringkali tergerus oleh budaya luar dan informasi yang tidak selalu benar dan positif. Oleh karena itu diperlukan pendampingan, serta bimbingan terutama di Lembaga Pendidikan Taman Kanak-kanak terkait penanaman nilai-nilai cinta tanah air dan toleransi pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Pendidikan karakter cinta tanah air Indonesia dan toleransi pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pendidikan karakter cinta tanah air dan toleransi telah diterapkan melalui berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, pengenalan budaya daerah, serta permainan dan cerita yang mengandung nilai-nilai toleransi. Faktor-faktor pendukung meliputi peran aktif guru dan partisipasi orang tua, sementara kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sarana prasarana. Secara keseluruhan, penerapan Pendidikan karakter ini berkontribusi positif dalam membentuk sikap cinta tanah air dan toleransi pada anak usia dini di TK Dharma Wanita Persatuan Keboansikep Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzah, Nurulnrlizzahh12@gmail.com06020920030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Thesis advisorFarisia, Hernikhernikfarisia@uinsa.ac.id2008088301
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Budaya
Keywords: Pendidikan karakter; cinta tanah air; toleransi; anak usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Raudhotul Athfal
Depositing User: Nurul Izzah
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:19
Last Modified: 13 Sep 2024 02:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73327

Actions (login required)

View Item View Item