Analisis penalaran kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karomah, Nanda Mamluatul (2024) Analisis penalaran kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nanda Mamluatul Karomah_06010420013.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Nanda Mamluatul Karomah_06010420013_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penalaran kreatif merupakan cara berpikir seseorang yang harus memenuhi empat komponen yaitu berlandaskan matematis (mathematical foundation), masuk akal (plausability), kebaruan (novelty), dan fleksibilitas (flexibility). Gaya kognitif siswa yang beragam dapat mempengaruhi kemampuan siswa dalam berpikir dan bernalar untuk menyelesaikan soal atau permasalahan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran kreatif siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field independent dam field dependent. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan subjek dilakukan dengan cara purposive sampling yang terdiri dari empat siswa dengan ketentuan masing-masing dua siswa field independent dan dua siswa field dependent dikelas VII-A SMP Unggulan Baitul Fattah Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes tulis dan wawancara. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes penalaran kreatif dan pedoman wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil yaitu: (1) Subjek dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi komponen penalaran kreatif berlandaskan matematis (mathematical foundation), masuk akal (plausability), dan fleksibilitas (flexibility) dalam memecahkan masalah matematika berdasarkan teori Wankat dan Oreovocz. (2) Subjek dengan gaya kognitif field dependent mampu memenuhi komponen penalaran kreatif berlandaskan matematis (mathematical foundation) dan masuk akal (plausibility) pada tahap “define” dalam memecahkan masalah matematika teori Wankat dan Oreovocz.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karomah, Nanda Mamluatulnandamamluatulkaromah@gmail.com06010420013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArrifadah, Yuniyuni.arrifadah@uinsby.ac.id2005067301
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Matematika
Keywords: Penalaran kreatif; masalah matematika; pemecahan masalah teori wankat dan oreovocz; gaya kognitif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: NANDA MAMLUATUL KAROMAH
Date Deposited: 05 Sep 2024 01:20
Last Modified: 05 Sep 2024 01:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73328

Actions (login required)

View Item View Item