Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca kelas I MI Nahdlatul Ulama Sumokali Candi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadah, Devita Tri (2024) Upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar membaca kelas I MI Nahdlatul Ulama Sumokali Candi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devita Tri Ramadah_D97217041.pdf

Download (842kB)
[img] Text
Devita Tri Ramadah_D97217041_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (836kB)

Abstract

Kesulitan belajar membaca merupakan suatu hambatan yang dibuktikan dengan adanya kesenjangan kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dengan hasil belajar. Kesulitan belajar dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca pada peserta didik, seperti yang terjadi pada peserta didik kelas I di MI Nahdlatul Ulama Sumokali Candi Sidoarjo. sebagai guru yang menanamkan kemampuan belajar membaca pada peserta didik harus mengetahui bagaimana letak kesulitan belajar membaca pada diri peserta didik, karena setiap kesulitan yang dialami peserta didik itu berbeda-beda antara peserta didik satu dengan yang lainnya. Penelitian ini menggunakan penelitian jenis kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di MI Nahdlatul Ulama Sumokali Candi Sidoarjo. Pengumpulan data menggunakan teknik Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan langkah-langkah analisis data model Miles dan Hubermen, yakni Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk kesulitan be;ajar membaca permulaan peserta didik kelas I di MI Nahdlatul Ulama Sidoarjo adalah: Tidak mengenal huruf, Tidak bisa membaca kata dan suku kata, Belum mengenali makna kata, Pengulangan kata, dan menghilangkan kata atau huruf. Sebagai guru berupaya untuk mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan dengan cara memberikan bimbingan khusus saat pembelajaran di kelas telah usai untuk peserta didik yang mengalami kesulitan belajar membaca.Guru juga berupaya memberikan motivasi untuk semangat belajar membaca serta memberikan pembelajaran yang menarik agar minat belajar peserta didik tumbuh dengan sendirinya karna terbiasa. Namun dalam hal mengatasi kesulitan belajar membaca permulaan terdapat beberapa faktor seperti faktor psikologis peserta didik, kesadaran dari peserta didik bahwa belajar membaca itu sangat penting, faktor dari lingkungan keluarga, dan juga faktor kurangnya motivasi belajar membaca dari lingkungan sekitar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadah, Devita Tridevitatri0@gmail.comD97217041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Bimbingan Belajar
Pendidikan > Peran Guru
Pendidikan > Minat Baca
Keywords: Upaya guru; kesulitan belajar membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Devita Tri Ramadah
Date Deposited: 05 Sep 2024 02:20
Last Modified: 05 Sep 2024 02:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73344

Actions (login required)

View Item View Item