Pengaruh kesadaran wajib pajak, pemutihan pajak, pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan pendapatan sebagai variabel moderasi: studi empiris pada kantor Samsat Surabaya Utara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Mutiara Regita (2024) Pengaruh kesadaran wajib pajak, pemutihan pajak, pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dalam membayar pajak kendaraan bermotor dengan pendapatan sebagai variabel moderasi: studi empiris pada kantor Samsat Surabaya Utara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mutiara Regita Cahyani_08020220076 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Mutiara Regita Cahyani_08020220076.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indonesia mengumpulkan sumber daya untuk mendukung pembangunan nasional dan layanan publik melalui beragam sektor, baik secara internal maupun eksternal. Secara internal, negara memperoleh pendapatan dari pajak, sementara dalam sektor eksternal, pendapatan berasal dari pinjaman yang diperoleh dari luar negeri. Pajak sangat penting di negara Indonesia ,pajak adalah instrumen pemasukan paling besar APBN. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesadaran wajib pajak, pemutihan pajak, pelayanan pajak dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak dengan pendapatan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data berupa data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner responden dan sekunder yang digunakan sebagai data pendukung. Jumlah keseluruhan sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 100 sampel. Penelitian ini menggunakan analisis regrensi linier berganda,uji t,uji koefisien determinasi, dan uji MRA menggunakan IBM SPSS Statistic 26. Hasil ini menunjukan bahwa kesadaran wajib pajak berpengaruh secara positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pemutihan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, pelayanan pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sanksi pajak berpengaruh positif signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Pendapatan tidak dapat memoderasi kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, pendapatan dapat memoderasi dengan sifat memperlemah pemutihan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, pendapatan tidak dapat memoderasi pelayanan pajak terhadap kepatuhan wajib pajak, pendapatan tidak dapat memoderasi sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan bagi pihak samsat diharapkan secara rutin memberikan penyuluhan tentang pentingnya manfaat pajak. maka diharapkan SAMSAT dapat membuat sanksi secara tegas, adil atau tidak memihak dan berkekuatan hukum yang tetap sesuai dengan perundangundangan yang berlaku. Memberikan Pelayanan yang baik mencakup kemudahan, kecepatan, keterampilan, dan keramah tamahan yang ditunjukkan oleh petugas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Mutiara Regitamutiararegita070502@gmail.com08020220076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKoerniawati, Dwinia.dkw01@gmail.com198507122019032010
Subjects: Akuntansi
Ekonomi
Keywords: Kesadaran wajib pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Mutiara Regita Cahyani
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:32
Last Modified: 17 Sep 2024 01:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73359

Actions (login required)

View Item View Item