Peran Bumdes dalam pengembangan wisata Pantai Selayar Pulau Bawean perspektif islamic sociopreneurship

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Julianto, David Sheva (2024) Peran Bumdes dalam pengembangan wisata Pantai Selayar Pulau Bawean perspektif islamic sociopreneurship. Undergraduate thesis, UIn Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
David Sheva Julianto_G04219019 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
David Sheva Julianto_G04219019 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) memiliki peran penting dalam pengembangan wisata Pantai Selayar di Pulau Bawean, terutama dari perspektif sociopreneurship. Skripsi ini membahas kontribusi BUMDes dalam memfasilitasi pengembangan wisata Pantai Selayar dengan pendekatan yang berfokus pada pemberdayaan masyarakat lokal dan keberlanjutan lingkungan. Pendekatan sociopreneurship digunakan sebagai kerangka kerja untuk menggambarkan bagaimana BUMDes dapat menjadi agen perubahan yang mempromosikan pertumbuhan ekonomi sambil menjaga kelestarian budaya dan alam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran BUMDes dalam pengembangan wisata Pantai Selayar, dan untuk menganalisis Perspektif Islamic Socio Preneurship pada peran BUMDes dalam pengembangan wisata Pantai Selayar Pulau Bawean. Penelitian ini merupakan penelitian field research yang menggunakan metode kualitatif deskriptif (studi kasus Pantai Selayar, Pulau Bawean, Kabupaten Gresik). Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil wawancara dengan Kepala Desa, BUMDes, Pokdarwis, Pemilik lahan, Pengelolah/penjaga, pemilik warung di dalam Pantai Selayar, dan beberapa pengunjung. Data-data yang didapatkan dari penelitian ini kemudian diolah dengan menggunakan metode triangulasi khususnya triangulasi data dan triangulasi metode sebagai dasar dalam menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BUMDes dalam pengembangan wisata pantai selayar meliputi pengembangan infrastruktur( gazebo, mushollah, kios makanan, tempat sampah, kamar mandi, lahan parkir, akses jalan menuju wisata pantai selayar). Promosi wisata (instragram@baweantourism facebook@homestayku). Pemberdayaan masyarakat(pelatihan pemadu wisata dan sosialisai umkm). Konservasi lingkungan(flora pohon kelapa, hutan bakau dan fauna kepiting, kerang-kerangan). Sedangkan peran BUMDes dalam perspektif sociopreneurship memiliki 4 elemen yaitu : social value, civil society, innovation, economic activity. Dari 4 elemen tersebut menurut prespektif Islam menekankan pentingnya keadilan dalam semua aspek kehidupan, baik dalam hubungan sosial, ekonomi, maupun politik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Julianto, David Shevadavidsheva99@gmail.comG04219019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Pemasaran
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: BUMDes; Islamic Sociopreneurship; wisata; Pantai Selayar
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: David Sheva Julianto
Date Deposited: 05 Sep 2024 10:57
Last Modified: 05 Sep 2024 10:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73416

Actions (login required)

View Item View Item