Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Apsari, Wifa Farica (2023) Implementasi kurikulum merdeka dalam pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wifa Farica Apsari_D91219157 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Wifa Farica Apsari_D91219157 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang membahas terkait permasalahan-permasalahan yang terjadi di SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek pada penerapan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum baru yang diterapkan sebagai penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum 2013. Dalam penerapannya pada pembelajaran, kurikulum merdeka telah dikembangkan menjadi kurikulum yang lebih variabel namun tetap focus pada materi-materi yang mendasar, pengembangan karakter serta kompetensi pada siswa. Seperti pada ulasannya bahwa kurikulum merdeka memiliki tujuan sebagai pemulihan pada krisisnya pembelajaran yang semakin parah akibat pandemi, selain itu juga bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada lembaga maupun guru untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum serta pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik. Penelitian ini mengambil beberapa responden yang terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam serta beberapa siswa yang dipikir mampu dan paham terkait enelitian ini. Dalam pengambilan data digunakan teknik wawancara, observasi di lapangan serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebijakan kepala sekolah dalam perencanaan pengembangan kurikulum merdeka adalah penerapan kurikulum merdeka dalam bentuk desai yang terdiri dari perangkat pembelajaran yaitu modul ajar dan ATP. Penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Dongko Trenggalek meliputi penyusunan ATP dan modul ajar, pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan penilaian. Penilaian kurikulum merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yakni kesesuaian antara perangkat pembelajaran dengan penerapan saat di dalam kelas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Apsari, Wifa Faricawifafarica074@gmail.comD91219157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorManan, Abdulabdulmanan1970@gmail.com0710067001
Thesis advisorAbitolkha, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Agama
Kurikulum
Pendidikan Islam
Keywords: kurikulum merdeka; pendidikan; mata pelajaran PAI.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Wifa Farica Apsari
Date Deposited: 07 Sep 2024 07:55
Last Modified: 12 Sep 2024 06:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73424

Actions (login required)

View Item View Item