Hubungan kohesivitas kelompok dan self efficacy dengan perilaku social loafing pada mahasiswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nuzula, Intan firdausin (2024) Hubungan kohesivitas kelompok dan self efficacy dengan perilaku social loafing pada mahasiswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan firdausinnuzula_11010120016.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Intan firdausinnuzula_11010120016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 October 2027.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kohesivitas kelompok dan self efficacy dengan social loafing pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional, pengambilan sampel menggunakan model teknik sampling kuota, dengan jumlah sampel 392 mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik kuesioner serta analisis data menggunakan teknik”analisis korelasi person atau Product Moment Corellation dengan bantuan SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian adalah (1) terdapat hubungan antara kohesivitas kelompok dan self efficacy dengan social loafing, dengan nilai signifikansi 0.000 pada variabel kohesivitas kelompok dan self efficacy, yang artinya nilai signifikansi nya lebih kecil dari 0,05. (2) hubungan antar variabel tersebut bersifat negatif atau saling berlawanan, semakin tinggi kohesivitas kelompok dan self efficacy maka akan semakin rendah social loafing, begitu sebaliknya. (3) hasil pada variabel kohesivitas kelompok dengan nilai koefisien korelasi sebesar -577 menunjukkan keeratan hubungan antara social loafing dengan kohesivitas kelompok terbilang cukup erat. Sedangkan pada variabel self efficacy dengan nilai koefisien korelasi sebesar -815 menunjukkan keeratan hubungan antara social loafing dengan self efficacy terbilang sangat kuat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nuzula, Intan firdausinIntanfirdausinnuzula24@gmail.com11010120016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Psikologi Sosial
Keywords: Social loafing; kohesivitas kelompok; self efficacy
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Intan Nuzula
Date Deposited: 05 Sep 2024 06:43
Last Modified: 05 Sep 2024 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73425

Actions (login required)

View Item View Item