Konseling islam dengan terapi tafakkur untuk mengatasi trust issue pada seorang remaja di Desa Babat Agung, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Intan Mauliana Alifia (2024) Konseling islam dengan terapi tafakkur untuk mengatasi trust issue pada seorang remaja di Desa Babat Agung, Kecamatan Deket, Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Mauliana Alifia Putri_04020320033 OK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Intan Mauliana Alifia Putri_04020320033 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (1MB)

Abstract

Fokus utama dari penelitian ini yaitu (1) Bagaimana proses konseling Islam dengan terapi tafakkur untuk mengatasi trust issue di Desa Babat Agung Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. (2) Bagaimana hasil konseling Islam dengan terapi tafakkur untuk mengatasi trust issue di Desa Babat Agung Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Analisis data dilakukan dengan pendekatan deskriptif komparatif untuk menjelaskan perbandingan proses layanan konseling antara data teori dan data lapangan proses, serta membandingkan kondisi konseli sebelum dan sesudah konseling menggunakan terapi tafakkur. Penelitian ini dilakukan dengan prosedur identifikasi masalah, diagnosis, prognosis treatment, dan follow up. Dengan proses terapi tafakkur dalam empat tahap yaitu memahami akar masalah melalui meditasi, mengamati dan merenungkan objek tafakkurnya, kesadaran dan pengakuan, perenungan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan dari kondisi konseli yang sebelumnya sering berasumsi negatif kepada orang lain menjadi mampu melihat sisi positif pada diri orang lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Intan Mauliana Alifiaintanalifia55@gmail.com04020320033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAlbaar, Ragwanragwanalbaar@uinsby.ac.id2003036301
Subjects: Bimbingan Konseling
Psikologi Islam
Keywords: Konseling Islam; Terapi Tafakkur; Trust Issue; Remaja
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Intan Mauliana Alifia Putri
Date Deposited: 05 Sep 2024 11:58
Last Modified: 05 Sep 2024 11:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73432

Actions (login required)

View Item View Item