Pengaruh metode Brain Gym terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umah, Fiqi Maslakhatul (2024) Pengaruh metode Brain Gym terhadap peningkatan kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fiqi Maslakhatul Umah_D99217062 ok.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Fiqi Maslakhatul Umah_D99217062 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 5 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan karena di kelas dikategorikan kurang baik anak masih ku rang menyimak saat mengikuti pembelajara permasalahan tersebut berpengaruh pada pembelajaran anak. Oleh karena itu peneliti melakukan usaha perbaikan memlaui penelitian kuantitatif menggunakan dalam desain penelitian Pre-Experimental. Tujuan dari penelitian : untuk mengetahhui pengaruh metode Brain Gym terhadap kemampua n menyimak pada anak usia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 03 Ujungpangkah. Metode penelitian ini menggunakan desain Pre-Experimental dengan jenis one group pretest-posttest design pengumpulan data menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kenaikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan pada setiap anak tidak sama, hal ini disebabkan oleh setiap anak memiliki gaya belajar yang berbeda, kemampuan menyimak anak berbeda dalam menyerap informasi dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Kenaikan jumlah skor konsentrasi belajar tertinggi diraih oleh ananda NJ sebanyak 22 skor dari 14 skor menjadi 36 skor. Sedangkan anak yang lainnya rata-rata mengalami kenaikan jumlah skor sebanyak 14, 16, 17, 18 skor. Hasil yang diperoleh dari skor sebelum dan sesudah diberi perlakuan dianalisis menggunakan uji statistik nonparametrik Wilcoxon Match Pairs Test (Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon). Analisis ini diperoleh Zhitung<Ztabel yaitu 0 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti metode Brian Gym memiliki pengaruh terhadap kemampuan menyimak anak usia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah bustanul Athfal 03 Ujungpangkah Ujungpangkah Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umah, Fiqi Maslakhatulfiqimaslakhatulumah@gmail.comD99217062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Kecerdasan
Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Pendidikan > Anak
Keywords: Brain Gym; menyimak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Fiqi Maslakhatul Umah
Date Deposited: 05 Sep 2024 04:51
Last Modified: 05 Sep 2024 04:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73471

Actions (login required)

View Item View Item