Bingkai berita penistaan agama di media online republika.co.id dan kompas.com edisi april 2021

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratama, Muhammad Farhan Putra (2024) Bingkai berita penistaan agama di media online republika.co.id dan kompas.com edisi april 2021. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Muhammad Farhan Putra Pratama_B95218118 _full.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Farhan Putra Pratama_B95218118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Topik penistaan agama menjadi viral diperbincangkan setelah akun youtube bernama Jozeph Paul Zhang mengunggah sebuah video forum diskusi via zoom yang berjudul “Puasa Lalim Islam” pada tanggal 15 April 2021. Dalam video tersebut ia memberikan pernyataan yang mengandung unsur penistaan agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana media online republika dan kompas melakukan framing atau pembingkaian dalam melaporkan kejadian penistaan agama yang dilakukan oleh Jozeph Paul Zhang selama satu bulan (April). Penelitian ini merupakan jenis penelitian analisis framing model Robert N. Entman dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme.
Temuan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Republika “lebih mengedepankan” konstruksi beritanya dengan bahasa yang tidak provokatif dan juga berusaha menampilkan berita secara objektif dengan menampilkan beberapa pendapat dari tokoh-tokoh pemuka agama. Pemberitaan republika juga sejalan dengan visi dan misi dari republika itu sendiri, dapat dibuktikan dalam bahasa teks yang telah tersaji. Sedangkan kompas “cenderung” mengonstruksi beritanya dengan kalimat yang menyudutkan tokoh-tokoh pemuka terkait untuk cepat sigap dalam menyelesaikan fenomena penistaan agama. Kompas juga menampilkan berita dengan menampilkan pendapat dari tokoh-tokoh pemuka yang ahli di bidangnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratama, Muhammad Farhan Putrab95218118@uinsby.ac.idB95218118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, AbdullahUNSPECIFIED2017126501
Subjects: Agama
Ilmu Komunikasi
Media Sosial
Keywords: Framing; Penistaan Agama; republika.co.id; kompas.com
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Farhan Putra Pratama
Date Deposited: 04 Sep 2024 03:34
Last Modified: 04 Sep 2024 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73475

Available Versions of this Item

  • Bingkai berita penistaan agama di media online republika.co.id dan kompas.com edisi april 2021. (deposited 04 Sep 2024 03:34) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item