Representasi sikap ikhtiar dan tawakal dalam film “Menghalalkanmu”: analisis semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Istikhoma, Khusnul (2023) Representasi sikap ikhtiar dan tawakal dalam film “Menghalalkanmu”: analisis semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khusnul Istikhoma_B01218018.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Khusnul Istikhoma_B01218018_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana representasi sikap ikhtiar dan tawakal dalam film "Menghalalkanmu" menggunakan pendekatan semiotika Roland Barthes. Film ini dipilih karena mengangkat tema kehidupan pemuda Muslim yang bersikap terhadap takdir dan keputusan kehidupan dengan melakukan diantaranya ikhtiar (usaha keras) dan tawakal (mempercayai takdir Allah). Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika untuk mengungkap makna dan mitos yang terkandung dalam film. Teori semiotika Roland Barthes digunakan sebagai kerangka teoritis untuk memahami bagaimana tanda-tanda dalam film “Menghalalkanmu” yang merepresentasikan sikap ikhtiar dan tawakal. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam film "Menghalalkanmu," sikap ikhtiar direpresentasikan melalui scene di mana tokoh utama berusaha mencapai tujuannya melalui usaha dari berbagai kegiatan positif dalam agama Islam. Tanda-tanda seperti adegan mengikuti kajian, istiqomah dalam kebaikan, dan melakukan ibadah menurut ajaran agama Islam lainnya untuk merepresentasikan sikap ikhtiar. Sementara itu, sikap tawakal direpresentasikan melalui adegan-adegan di mana tokoh utama menyerahkan dirinya sepenuhnya pada takdir Allah dan menerima segala keputusan yang diambil-Nya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Istikhoma, Khusnulkhusnul.istikhoma08@gmail.comB01218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAdhitama, Tias Satriotiasadhi78@yahoo.com2009057801
Subjects: Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: sikap ikhtiar; tawakal; film
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: khusnul khusnul istikhoma
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:09
Last Modified: 10 Sep 2024 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73527

Actions (login required)

View Item View Item