Gaya retorika dakwah Gus Iqdam dalam youtube @Gus Iqdam official edisi meningkatkan kualitas ibadah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rofifah, Rofifah (2024) Gaya retorika dakwah Gus Iqdam dalam youtube @Gus Iqdam official edisi meningkatkan kualitas ibadah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rofifah_04010120025.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Rofifah_04010120025_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Retorika dakwah adalah seni berbicara yang bertujuan untuk mengajak umat manusia menuju ke jalan yang benar yang sesuai dengan kaidah-kaidah Islam. Tujuan penelitian ini untuk menjawab bagaimana gaya retorika dakwah Gus Iqdam dalam youtube Gus Iqdam Official edisi meningkatkan kualitas ibadah, khususnya dalam gaya bahasanya dengan menggunakan teori dari Gorys Keraf. Untuk mengindikasi persoalan ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi (content analysis). Penelian ini mengambil salah satu video ceramah Gus Iqdam yang di upload dalam youtube Gus Iqdam Official dengan tema meningkatkan kualitas ibadah. Adapun hasil dari penelitian ini adalah gaya retorika dakwah Gus Iqdam khususnya pada gaya bahasa yang dipakai saat berdakwah pada media youtube Gus Iqdam Official edisi meningkatkan kualitas ibadah yang terdapat 3 sudut pandang yakni berdasar pilihan kata, nada suara, serta struktur kalimat. Untuk hasil analisis gaya bahasa berdasar pilihan kata terdiri dari bahasa resmi, tak resmi, serta percakapan. Namun yang paling dominan digunakan adalah gaya bahasa tak resmi. Sedangkan analisis gaya bahasa berdasarkan nada suara yakni terdapat gaya bahasa sederhana, mulia dan bertenaga, serta menengah. Yang paling dominan digunakan dalam dakwahnya adalah menggunakan gaya bahasa menengah. Sedangkan untuk gaya bahasa berdasar struktur kalimat terdiri dari gaya bahasa klimaks, anti klimaks, paralelisme, antitesis, dan repetisi. Gaya ini yang paling dominan digunakan adalah gaya bahasa klimaks dan repetisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rofifah, Rofifahrofifahromz@gmail.com04010120025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Dakwah > Dakwah bil Lisan
Retorika
Keywords: Gaya retorika; dakwah; Gorys Keraf
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Rofifah Rofifah
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:08
Last Modified: 09 Sep 2024 05:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73629

Actions (login required)

View Item View Item