STUDY PERBANDlNGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG BELAJAR KELOMPOK DENGAN SISWA YANG BELAJAR INDIVIDU DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS SATU ( I) SLTP ISLAM RADEN PATAH PUNGGING MOJOKEBTO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ma’rifah, Umi (2000) STUDY PERBANDlNGAN PRESTASI BELAJAR ANTARA SISWA YANG BELAJAR KELOMPOK DENGAN SISWA YANG BELAJAR INDIVIDU DALAM BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS SATU ( I) SLTP ISLAM RADEN PATAH PUNGGING MOJOKEBTO. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (928kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Masalah yang menjadi kajian dalam penulisan skripsi ini adalah: bagaimana metode penyampaian pendidikan agama lslam di SLTP "Raden Patah" Pungging Mojokerto, apakah ada perbedaannya prestasi belajar antara siswa yang belajar kelompok dengan belajar individu dalam bidang studi PAl di di SLTP tersebut, bila ada, sejauh mana perbedaan presrtasi belajar antara keduanya. Adapun metode penelitian yang dipakai dalam penulisan skripsi ini yang populasinya terdiri dari seluruh siswa kelas I yang berjumlah 115 anak, sampelnya diambil 20 – 25 % dari jumlah siswa yang berjumlah 40 anak, teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi dan angket, sedang teknik analisis datanya menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif dengan memakai rumus. Penelitian ini memberikan suatu kesimpulan bahwa: (1) keberadaan guru dalam kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam jelas mempunyai pengaruh yang positif terhadap prestasi bnelajar antara siswa yang belajar kelompok dengan siswa yang belajar lndividu dalam hal ini mengenai metode yang di pakai oleh guru agama sudah ternasuk dalam teori yaitu metode ceramah, demonstrasi, resitasi dan lainya (2) bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar kelompok dengan siswa yang belajar individual berdasarkan nilai angket dan nilai raport catur wulan ll, (3) tingkat perbedaan Prestasi siswa yang belajar, didasarkan pada analisa statistik t-test dengan hasil (harga) koefisien t-hitung lebih besar dibandingkan dengan harga koefisien t-tabel (5,693 > 2,021), dengan demikian, hipotesa pada penelitian yang berbunyi : (Ho) yaitu "tidak adanya perbedaan prestasi belajar antara siswa belajar kelompok dengan siswa yang belajar individu dalam bidang studi PAI” di tolak. Dan yang berbunyi (Ha) yaitu "Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang belajar kelompok dengan siswa ynng belajar individual dalam bidang studi PAI” diterima.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: A. Husjin
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ma’rifah, UmiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan Islam
Keywords: Belajar individu; belajar kelompok
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 283 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2016 06:56
Last Modified: 25 Jul 2016 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7363

Actions (login required)

View Item View Item