Pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam mengeskalasi lingkungan sehat melalui pengolahan sampah domestik di Dusun Damarsi Desa Damarsi Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Deviani Fajar (2024) Pemberdayaan ibu-ibu PKK dalam mengeskalasi lingkungan sehat melalui pengolahan sampah domestik di Dusun Damarsi Desa Damarsi Kecamatan Buduran Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Deviani Fajar Ramadhani_04010220005 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (3MB)
[img] Text
Deviani Fajar Ramadhani_04010220005.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberdayaan masyarakat di Dusun Damarsi mengenai pendampingan ibu-ibu PKK dalam memanfaatkan sampah domestic rumah tangga menjadi pupuk organic. Penelitian ini berfokus kepada asset dan pengetahuan yang dimiliki ibu-ibu PKK di Dusun Damarsi. Alasan peneliti memilih tema ini karena pentingnya pengolahan sampah mandiri yang dilakukan sebelum dibuang langsung ke TPS yang tersedia. Pemberdayaan terhadap ibu-ibu PKK menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development), dalam metode ini yaitu melihat asset dan potensi yang dimiliki oleh masyarakat atau organisasi untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Pemberdayaan ini menghasilkan beberapa proses program yang telah dilaksanakan, adapun program tersebut ialah pemberian edukasi mengenai sampah dan pengolahan sampah menjadi pupuk organic. Hasil dari pendekatan yang dilakukan peneliti dimulai dari inkulturasi kepada kelompok PKK kemudian membangun FGD bersama PKK dan pemerintah desa Damarsi hingga pada tahap pelatihan pembuatan juga evaluasi kegiatan pemanfaatan sampah domestic menjadi pupuk organic pada media tong kura merupakan kolaborasi yang dapat menjadi berkelanjutan jika digagas dengan baik dan benar. Menjaga kesehatan tubuh manusia merupakan suatu hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup setiap individu. Dalam agama islam menjaga kesehatan merupakan salah satu bagian dari ibadah seseorang, baik dari segi menjaga pola hidup sehat, menjalankan sunnah agar terhindar dari penyakit serta menjalankan ibadah kepada Allah SWT.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Deviani Fajaranfajarrr04@gmail.com04010220005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFalasifah, Nihlatulnihlatulfs@gmail.com199307272020122030
Subjects: Daur Ulang
Lingkungan Hidup
Pengabdian Masyarakat
Keywords: Pemberdayaan; lingkungan sehat; pengolahan sampah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Deviani Fajar Ramadhani
Date Deposited: 12 Sep 2024 01:41
Last Modified: 12 Sep 2024 01:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73631

Actions (login required)

View Item View Item