Praktik jasa laundry di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet perspektif hukum Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azzahra, Wulan Lailatus (2024) Praktik jasa laundry di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet perspektif hukum Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Wulan Lailatus Azzahra_05010220025 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 September 2027.

Download (2MB)
[img] Text
Wulan Lailatus Azzahra_05010220025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul bisnis jasa laundry di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet perspektif hukum Islam. Pelayanan pencucian pakaian santri telah diberikan oleh pengurus pondok pesantren ini, dengan tujuan agar pengguna atau santri dapat lebih fokus pada kegiatan pondok dan tidak lupa untuk mensucikan pakaian yang digunakan sehari-hari. Dengan adanya jasa laundry yang berlaku di ponpes ini, sehingga penulis tertarik untuk menganalisis mengenai hal tersebut. Dikarenakan penulis menemukan beberapa keluhan atas proses laundry yang ada di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Skripsi ini menjawab dua rumusan masalah yang dituangkan dalam rumusan masalah yakni: pertama, bagaimana praktik jasa laundry di ponpes amanatul ummah Pacet. Yang kedua bagaimana perspektif hukum Islam terhadap bisnis jasa laundry di Pondok Pesantren Amanatul Ummah Pacet. Jenis metode penelitian yang digunakan pada skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi atau pengamatan, wawancara (interview), dan dokumentasi. Pada penelitian ini, penulis menggunakan metode deskriptif analisis untuk memecahkan masalah yang sedang diteliti dengan menjelaskan keadaan objek yang diselidiki. Dengan menggunakan pola berfikir induktif. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwasanya penerapan akad ija>rah pada jasa laundry ini, telah benar dan sesuai dengan syarat serta rukunnya. Hanya saja untuk penyelesaian masalah dalam keluhan atas pakaian hilang dan tertukar masih belum terselesaikan. Dikarenakan ada pihak yang diganti dan ada pihak yang tidak terganti. Jika permasalahan ini terjadi, maka hal ini dianggap cacat bathil. Dikarenakan adanya salah satu rukun yang tidak terpenuhi. Maka hal ini tidak sesuai dengan syariat. Rukun yang tidak terpenuhi yakni objek yang digunakan pada transaksi ini. Dengan kesimpulan hasil di atas, penulis memberikan saran yakni mengenai permasalahan dalam keluhan yang diberikan oleh santri, seharusnya pihak jasa laundry bisa memberikan tindakan yang dapat memberikan kepuasan kepada penggunannya. Agar santri tidak merasa dirugikan. Pada aktivitas jasa ini, dalam sistem penanganan pada keluhan yang dilakukan santri. Lebih baik pihak pengelolah memberikan tindakan yang bersifat transparan atau nyata.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azzahra, Wulan Lailatus05010220025@student.uinsby.ac.id05010220025
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArif, Mohamadarif18@uinsa.ac.id2018017002
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Pesantren
Keywords: Hukum Islam; jasa laundry; ijarah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Wulan Lailatus Azzahra
Date Deposited: 09 Sep 2024 08:48
Last Modified: 09 Sep 2024 08:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73634

Actions (login required)

View Item View Item