FoMO BTS Meal sebagai hiperrealitas milenial muslim dalam perspektif Jean Baudrillard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hafidz, Ilmy Firdaus (2024) FoMO BTS Meal sebagai hiperrealitas milenial muslim dalam perspektif Jean Baudrillard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmy Firdaus Hafidz_E01219016.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilmy Firdaus Hafidz_E01219016_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas FoMO (Fear of Missing Out) pada fenomena BTS Meal di bulan Mei hingga Juli 2021 yang dilakukan oleh milenial muslim. FoMO secara psikologis menjadi perilaku yang dirasakan setiap individu sebagai cara agar tetap tenang dan terjaga dari sifat intersubjektifnya, hingga menimbulkan gangguan bagi penderitanya. Faktor pemicunya ialah kontaminasi media berlebihan dan rendahnya kontrol atas pilihan diri sendiri. Seiring waktu, istilah ini menjadi gaya hidup baru sebagai bentuk respon dari konsumerisme dan wujud eksistensi. Tujuan penelitian ini ialah, pertama: mengetahui FoMO terhadap BTS Meal pada milenial muslim. Kedua: menjelaskan FoMO BTS Meal di kalangan milenial muslim dalam Jean Baudrillard. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Data didapat dari wawancara mendalam terhadap sembilan partisipan menggunakan photo elicitation. Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan teori hiperrealitas Jean Baudrillard. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) konsumen BTS Meal telah mengalami FoMO, mereka tergiur dengan komersialisasi BTS Meal melalui penggunaan media yang intens dan memiliki keputusan deliberatif yang rendah sehingga ingin segera mendapatkan BTS Meal untuk merasakan hype seperti yang orang lain rasakan. (2) FoMO BTS Meal membentuk hiperrealitas, konsumen mulai menghilangkan kepantasan produk dengan mengesampingkan nilai fungsi, melenyapkan identitas dengan mengikuti tren atau fandom, dan menghilangkan budaya kesederhanaan dalam mengonsumsi suatu barang hanya untuk mememuhi rasa intersubjektifnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hafidz, Ilmy Firdausilmyfirdaushafidz@gmail.comE01219016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhanirofhani@uinsby.ac.id2030017101
Subjects: Filsafat
Psikologi
Konsumen
Keywords: FoMO; BTS Meal; hiperrealitas; milenial muslim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ilmy Firdaus Hafidz
Date Deposited: 10 Sep 2024 00:37
Last Modified: 10 Sep 2024 00:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73639

Actions (login required)

View Item View Item