Strategi fundraising program event dalam meningkatkan jumlah pendapatan pada LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Jawa Timur cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasiha, Choirun (2024) Strategi fundraising program event dalam meningkatkan jumlah pendapatan pada LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Jawa Timur cabang Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choirun Nasiha_08040520042.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Choirun Nasiha_08040520042_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 10 September 2027.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya jumlah pendapatan yang terus bertambah yang bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi fundraising event dan memperkenalkan program event LAZNAS Daarut Tauhiid Peduli Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. jenis dan sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. dalam penilitian ini teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa strategi fundraising event terbagi menjadi tiga tahapan, yaitu formulasi, implementasi serta evaluasi. Pada tahapan formulasi dilakukan perencanaan dan mulai mengatur persiapan dari segi pembahasan ide, penentuan tema, anggaran serta lokasinya. Kemudian pada tahap implementasi dilakukan koordinasi dan komunikasi pada pelaksanaan event serta meninjau jika ada masalah pada terselenggaranya event. Untuk proses yang terakhir adalah evaluasi yang berhubungan dengan penghimpunan dana yang dihasilkan dari event yang sudah terselenggara apakah dana yang terkumpul lebih besar daripada dana yang dikeluarkan. Sehingga perlunya evaluasi secara matang agar event berjalan sesuai rencana. Bersama dengan itu penulis mendapatkan faktor pendukung dan penghambat pada terselenggaranya event baik dari sumber daya manusia hingga narasumber nasional yang sangat berdampak positif untuk event juga dapat lebih mengenalkan bagaimana pentingnya zakat, infaq dan shadaqah serta bedonasi. Untuk faktor penghambat yakni minimnya dana jika tidak adanya sponsor, selain itu jika event-event kecil kurangnya promosi sehingga tidak banyaknya audience yang datang. Setelah dilakukan penelitian tentang strategi Fundraising event DT Peduli Surabaya dalam meningkatkan jumlah pendapatan dana. Maka, saran yang diberikan untuk DT Peduli Surabaya untuk terus mengembangkan dan memperkuat strategi dalam menanggapi donatur yang belum terjangkau, serta meningkatkan upaya sosialisasi zakat kepada calon muzakki agar informasi tentang zakat dapat tersampaikan secara optimal, terutama kepada masyarakat yang berpotensi untuk berzakat. Penulis berharap bahwa event-event yang akan datang akan terus berlanjut, meluas, dan memberikan dampak positif bagi semua pihak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasiha, Choirunnisaqs@gmail.com08040520042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKalimah, Sitisitikalimah01@gmail.com198707272022032001
Subjects: Badan Amil Zakat Infaq dan Sadaqah
Budaya Islam
Wakaf
Keywords: Strategi fundraising; event; pendapatan dana
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Choirun Nasiha
Date Deposited: 09 Sep 2024 05:44
Last Modified: 09 Sep 2024 05:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73646

Actions (login required)

View Item View Item