Eksistensi perempuan petani dalam Budaya Patriarki masyarakat Desa Ngrendeng Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Silvia Ratnaning (2024) Eksistensi perempuan petani dalam Budaya Patriarki masyarakat Desa Ngrendeng Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Silvia Ratnaning Wahyuni_10010320026 full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (1MB)
[img] Text
Silvia Ratnaning Wahyuni_10010320026.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perempuan dengan beban ganda sebagai seorang ibu rumah tangga dan petani kini mulai mendapatkan eksistensi atas dirinya sendiri di dalam keluarga maupun di tengah masyarakat. Bebas dalam berpendapat dan mendapatkan hak untuk berpartisipasi dan dianggap ada di kalangan masyarakat contohnya. Gambaran tentang upaya perempuan untuk bebas dari belenggu budaya patriarki utamanya perempuan petani di pedesaan yang dikaji menggunakan teori Feminisme Sosialis milik Iris Marion Young. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling, yakni masyarakat Desa Ngrendeng yang dianggap relevan dengan topik penelitian yang dikaji. Hasil penelitian yang ditemukan pertama yakni para perempuan petani kini mulai eksis dan mendapatkan haknya di tengah masyarakat dilihat dari berbagai partisipasi dalam ranah publik. Kedua, yakni mengenai pendapat perempuan berkaitan dengan beban ganda sebagai ibu rumah tangga dan seorang petani sudah diterima dengan baik dan dijalankan dengan sistem pembagian kerja seperti yang dijelaskan pada teori Feminisme Sosialis Iris Young. Perempuan melakukan perlawanan terhadap budaya patriarki tidak melalui pemberontakan dan perlawanan terhadap norma dan agama yang berlaku, tetapi dengan mulai memberikan kontribusi dan pergerakan maju baik atas diri sendiri maupun sebagai perannya sebagai ibu dan istri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Silvia Ratnaningsilviaratna0907@gmail.com10010320026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Gender
Keluarga
Sosiologi
Keywords: Eksistensi; perempuan; Patriarki
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Silvia Ratnaning Wahyuni
Date Deposited: 13 Sep 2024 06:42
Last Modified: 13 Sep 2024 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73681

Actions (login required)

View Item View Item