Pembelajaran Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah dalam memperkuat karakter an-Nahdliyyah Santri Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awwaliyyah Asy-Syafi’iyyah Sembunganyar Dukun Gresik.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alim, Adam Ahmad Syahrul (2022) Pembelajaran Aqidah Ahlussunnah wal Jama’ah dalam memperkuat karakter an-Nahdliyyah Santri Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Awwaliyyah Asy-Syafi’iyyah Sembunganyar Dukun Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adam Ahmad Syahrul Alim_F52319305 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Adam Ahmad Syahrul Alim_F52319305 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2027.

Download (5MB)

Abstract

Masalah keyakinan (‘Aqīdah) merupakan masalah fundamental dalam Islam yang menjadi pijakan umat Islam dalam kehidupan sehari-hari. Tanpanya seseorang tidak akan bisa mengamalkan ajaran Islam dengan benar dan sempurna. Dari sini peneliti mendapati sebuah permasalahan yang cukup bagus untuk dikaji dalam sebuah penelitian ilmiah seputar pendidikan ‘Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah yang dilaksanakan di Madrasah Dīniyyah Takmīliyyah Awwaliyyah Asy-Syāfi’iyyah, Pendidikan Aqidah Aswaja An-nahdliyyah merupakan sebuah upaya yang dilakukan secara sadar, terarah dan berkesinambungan untuk memperkenalkan dan menanamkan pemahaman seputar Aswaja khususnya karakter An-nahdliyyah kepada peserta didik, agar mereka menjadikannya sebagai pedoman dalam hidup. Berdasarkan latar belakang ini peneliti melakukan penelitian dengan judul: Pembelajaran ‘Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah Dalam Memperkuat Karakter An-Nahdliyyah Santri Madrasah Dīniyyah Takmīliyyah Awwaliyyah Asy-Syāfi’iyyah Sembunganyar Dukun Gresik. Tujuan penelitian ini yaitu:1)Mendeskripsikan pendidikan ‘Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah.2)Memahami langkah penguatan karakter an-Nadliyyah.3)Mendeskripsikan karakter an-Nahdliyyah serta urgensinya pada diri santri MDTA asy- Syāfi’iyyah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan analisis deskriptif. Dengan subjek para santri MDTA Asy-Syāfi’iyyah, guru serta para pengurus lembaga yang ada. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut:1)Pembelajaran ‘Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah di MDTA Asy-Syāfi’iyyah dilaksanakan dengan beberapa tahapan, 2)Karakter An-nahdliyyah santri MDTA asy-Syāfi’iyyah telah sesuai dengan visi Aswaja. 3)Penguatan Karakter An-nahdliyyah santri MDTA asy-Syāfi’iyyah telah dihasilkan melalui pembelajaran ‘Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah dengan cukup baik dan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alim, Adam Ahmad Syahrulabdullahursan@gmail.comF52319305
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDamanhuri, Damanhuridamanhuri@mail.com8970780023
Thesis advisorAbu Bakar, Yunuselyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Subjects: Santri
Keywords: Aqīdah Ahlussunnah Wal Jamā’ah; Karakter An-nahdliyyah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Adam Ahmad Syahrul Alim
Date Deposited: 12 Sep 2024 06:23
Last Modified: 12 Sep 2024 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73727

Actions (login required)

View Item View Item