Perbandingan pelabelan otomatis textblob dan vader lexicon terhadap sentimen ulasan mobile banking livin’ by Mandiri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permadi, Sulton Bagus (2024) Perbandingan pelabelan otomatis textblob dan vader lexicon terhadap sentimen ulasan mobile banking livin’ by Mandiri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sulton Bagus Permadi_H76217068.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Sulton Bagus Permadi_H76217068_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 September 2027.

Download (4MB)

Abstract

Salah satu produk mobile banking Livin’ by Mandiri dari PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. terus mengalami kelonjakan jumlah pengguna aktif selama periode 3 tahun terakhir. Dengan banyaknya pengguna yang beragam, tentu beragam pula timbal balik yang dilontarkan mengenai kualitas layanan. Ulasan yang diberikan oleh para nasabah atau pengguna Livin’ by Mandiri bisa ditinjau dengan memanfaatkan fitur Google Play Store. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah demi mengetahui sentimen para pengguna terhadap pelayanan mobile banking Livin’ by Mandiri dengan membandingkan kedua pengukuran unsupervised learning yakni TextBlob dan Vader Lexicon. Data yang diperoleh dari proses scrapping google play dengan total 7.952 ulasan dari tanggal 6 Oktober 2023 sampai 5 Maret 2024. Hasil yang diperoleh dari penelitan yang telah dibandingkan dengan rating masing-masing ulasan ialah akurasi pelabelan TextBlob sebesar 44%, sedangkan akurasi dari pelabelan Vader Lexicon sedikit lebih tinggi dengan nilai sebesar 53%. Kasus terjadinya perbedaan hasil pelabelan antara TextBlob dan Vader Lexicon diperoleh sebesar 30%, sedangkan hasil pelabelan yang sama sangat tinggi yaitu sebesar 70% dari keseluruhan data ulasan yang dipakai. Frekuensi kemunculan kata “tidak” yang cukup tinggi tidak hanya ada pada ulasan yang diprediksi sebagai label negatif saja, melainkan pelabelan positif dan netral juga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permadi, Sulton Bagush76217068@uinsby.ac.idH76217068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRidwan, Mujibmujibrw@uinsby.ac.id2027048602
Thesis advisorYusuf, Ahmadahmadyusuf@uinsby.ac.id2020019001
Subjects: Bank dan Perbankan
Komputer
Tehnik Informatika
Keywords: Analisis sentimen; ulasan; google play store; TextBlob; vader lexicon; livin’ by Mandiri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Sulton Bagus Permadi
Date Deposited: 13 Sep 2024 02:33
Last Modified: 13 Sep 2024 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73763

Actions (login required)

View Item View Item