Penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menghafal bacaan shalat ‘Idain mata pelajaran Fikih kelas IV MIS Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Diana, Ilfi Nur (2024) Penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menghafal bacaan shalat ‘Idain mata pelajaran Fikih kelas IV MIS Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilfi Nur Diana_D97217054.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Ilfi Nur Diana_D97217054_Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 18 September 2027.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya kemampuan siswa dalam keterampilan menghafal utamanya pada bacaan materi shalat ‘idain pada kelas IV MIS Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. Hal ini diketahu dari hasil wawancara dan observasi sebelum penelitian dilakukan. Rendahnya keterampilan menghafal siswa disebabkan karena metode yang digunakan oleh guru adalah metode belajar konvensional dan kurang beragam. Sehingga membuat siswa kurang dalam keterampilan menghfal. Maka dari itu upaya dalam meningkatkan keterampilan menghafal siswa dapat dilakukan melalui penerapan metode pembelajaran Drill atau metode latihan dalam proses pembelajaran kegiatan belajar mengajar di kelas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Penerapan metode pembelajaran Drill untuk meningkatkan keterampilan menghafal bacaan shalat Idain mata pelajaran Fikih pada siswa kelas IV MI Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatkan pada keterampilan menghafal bacaan shalat Idain dengan menerapkan metode pembelajaran Drill pada siswa kelas IV MI Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif model Kurt Lewin. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV MIS Banu Hasyim Janti Waru Sidoarjo yang berjumlah 31 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik penelitian tindakan kelas. Adapun instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, penilaian non tes(performance) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penerapan metode pembelajaran drill dalam meningkatkan keterampilan menghafal bacaan materi shalat ‘idain sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan hasil observasi meningkat dari 65% pada siklus I meningkat menjadi 82.03% pada siklus II. Sedangkan pada hasil observasi kegiatan siswa meningkat dari 45% pada siklus I menjadi 76% pada siklus II. 2) Peningkatan keterampilan menghafal bacaan materi shalat ‘ idain mengalami peningkatan melalui penerapan metode drill. Dapat dilihat dari peningkatan presentasi hasil nontes siswa dari 44% pada siklus I meningkat menjadi 86% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Diana, Ilfi Nurilfidiana.ad@gmail.comd97217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthon.masud@uinsa.ac.id2010097301
Subjects: Keterampilan
Metode Pembelajaran
Salat > Salat Ied
Keywords: Metode drill; keterampilan menghafal
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilfi Nur Diana
Date Deposited: 18 Sep 2024 02:53
Last Modified: 18 Sep 2024 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73812

Actions (login required)

View Item View Item