تأثير تطبيق لعبة تدقيق حاسة الإنسان إلى ترقيه مهارة الكلام لطلاب الفصل الثاني بالمدرسة العالية نهضة العلماء سيدوارجا - Pengaruh permainan Kecermatan Indra Manusia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas dua di Madrasah Aliyah Nandhotul Ulama Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamilah, Rusyda (2012) تأثير تطبيق لعبة تدقيق حاسة الإنسان إلى ترقيه مهارة الكلام لطلاب الفصل الثاني بالمدرسة العالية نهضة العلماء سيدوارجا - Pengaruh permainan Kecermatan Indra Manusia untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas dua di Madrasah Aliyah Nandhotul Ulama Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
D02208038 Rusyda Kamilah ok.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bahasa Arab adalah bahasa yang penting untuk di pelajari, dengan demikian kita akan lebih mudah memahami isi kandungan Al qur'an. Untuk mendapatkan kemampuan siswa dalam mempelajari Bahasa Arab di butuhkan metode pembelajaran yang relevan dengan kemampuan mereka sehingga mereka merasa senang untuk mempelajarinya. Seperti: metode langsung, metode qowaid, hiwar, hafalan dan lain sebagainya. Seorang guru hendaklah menggunakan metode yang baik, bervariasi dan menyenangkan serta menjadikan siswa aktif dan mahir dalam berbahasa, khususnya dalam berbicara bahasa Arab. Salah satu metode baru yang di anggap menarik dalam belajar Bahasa Arab adalah Metode edukatif dalam pembelajaran bahasa arab, salah satu metode edukatif yang menarik dalam pembelajaran bahasa arab adalah " Permainan Kecermatan Indra Manusia (KIM). Dengan menggunakan metode ini dapat membantu menguatkan kecermatan dan ingatan sehingga membantu siswa untuk mengembangkan kosa kata arab menjadi sebuah kalimat sehingga mampu meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Adapun Permainan KIM ini membutuhkan toples transparan, benda-benda kecil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan Kecermatan Indra Manusia dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah nandlatul ulama' Sidoarjo. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah uju coba, observasi, interview, angket, uji tes dengan mengambil 27 siswa kelas XI IPA sebagai sampelnya. Untuk dapat menyimpulkan hasil yang di kehendaki maka di gunakan rumus Uji T ( T test). Hal ini menunjukkan adanya pengaruh permainan KIM terhadap peningkatan keterampilan berbicara siswa kelas dua dalam pembelajaran bahasa arab di madrasah aliyah nandlotul ulama' sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamilah, RusydaUNSPECIFIEDD02208038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfifuddin, MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Permainan; kecermatan indra manusia; keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Sep 2024 01:55
Last Modified: 24 Sep 2024 01:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/73894

Actions (login required)

View Item View Item