Eksplorasi nilai – nilai pendidikan islam dalam gaya arsitektur Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Masjid Tiban) Turen Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifqi, Muchammad (2023) Eksplorasi nilai – nilai pendidikan islam dalam gaya arsitektur Pondok Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah (Masjid Tiban) Turen Malang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muchammad Rifqi_D71218082 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Muchammad Rifqi_D71218082 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 September 2028.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana Letak Tata Ruang dari Ponpes Salafiyah Bihaaru bahri ‘asali fadlaailir rahmah Malang (2) Bagaimana Nilai – Nilai Pendidikan Islam yang Terkandung dalam Tata Ruang dan Simbol – Simbol Arsitektur Ponpes Salafiyah Bihaaru bahri ‘asali fadlaailir rahmah Malang (3) Bagaimana Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Islam yang Ada di Tata Ruang dan Arsitektur PPS. Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah Terhadap Konsep Pendidikan Dewasa ini. Nilai-nilai Islam pada hakikatnya merupakan kumpulan prinsip – prinsip hidup, ajaran- ajaran tentang bagaimana manusia seharusnya menjalankan kehidupannya dimana satu prinsip dengan prinsip lainnya saling keterkaitan membentuk satu–kesatuan utuh yang tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis akan membahas mengenai kajian teori tentang nilai-nilai pendidikan Islam dan selanjutnya menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam apa saja yang tercermin dalam tata ruang dan gaya arsitektur pondok pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun sumber data yang diambil dari data primer yaitu hasil analisis seni arsitektur bangunan, ruang dan wawancara. Untuk data sekunder diambil dari catatan-catatan, transkrip dan foto-foto yang menunjang data primer. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penulis melalui analisis teori seni arsitektur Naseem dan Sumaiyyah terkait nilai-nilai pendidikan Islam dalam gaya arsitektur pondok pesantren Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah, maka didapatkan hasil nilai Ilahiyah dan Insaniyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifqi, Muchammadmuchammadrifqi8@gmail.comD71218082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbitolkhah, Amir Malikiamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Thesis advisorNiam, Khoirun--2025077001
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Akhlak
Ibadah
Pesantren
Keywords: Eksplorasi; Nilai-Nilai Pendidikan Islam; Gaya Arsitektur; Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muchammad Rifqi
Date Deposited: 18 Sep 2025 23:55
Last Modified: 18 Sep 2025 23:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/74883

Actions (login required)

View Item View Item