UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS VI MI ROUDLOTUL HUDA JEDONGCANGKRING KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muchlisin, Achmad (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TENTANG KONDUKTOR DAN ISOLATOR PANAS DENGAN METODE PEMBELAJARAN PENEMUAN (DISCOVERY) PADA SISWA KELAS VI MI ROUDLOTUL HUDA JEDONGCANGKRING KECAMATAN PRAMBON KABUPATEN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena perlunya dilakukan perubahan dalam peningkatan hasil belajar. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab rendahnya hasil belajar IPA yaitu guru masih menyampaikan dengan ceramah, kurang memberikan motivasi belajar, dan dalam proses pembelajaran guru kurang melibatkan siswa secara aktif.
Rumusan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan menggunakan metode penemuan (Discovery). (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil pembelajaran IPA dengan pokok bahasan konduktor dan isolator panas pada siswa kelas VI MI Roudlotul Huda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan kuantitatif, untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, partisipatif, dan kolaboratif. Pengembangan program didasarkan pada data-data dan informasi dari siswa dan guru secara alamiah melalui dua tahapan siklus penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes, dokumentasi.
Untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI pada mata pelajaran IPA, maka dilakukan PTK dengan menggunakan penerapan metode penemuan (Discovery). Pada siklus I dalam mengelola pembelajaran masih ada beberapa masalah yang di hadapi. Dan juga siswa masih merasa kesulitan dalam menerima materi yang di sampaikan guru. Dalam siklus kedua siswa dan guru sudah mulai memahami implementasi metode penemuan (Discovery) dan hasil menunjukkan sangat baik. Dari hasil observasi guru meningkat dari 75% (siklus I) menjadi 94,4% (siklus II). Sementara hasil aktifitas siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan peningkatan dari 70,8% (Siklus I) menjadi 91,6%. Untuk hasil pengamatan pada diskusi juga mengalami peningkatan dari rata – rata 57,8 (siklus I) menjadi 77,2 (sklus II). Sedangkan untuk ketuntasan belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II yaitu masing-masing 32 % menjadi 84 %. Dari hasil PTK untuk siklus pertama dan kedua dapat disimpulkan bahwa penerapan metode penemuan (Discovery) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VI MI Rodlotul Huda Jedongcangkring.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Maunah Setyawati
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muchlisin, AchmadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar IPA; Konduktor dan Isolator Panas; Metode Penemuan (Discovery)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 03:14
Last Modified: 13 Feb 2015 03:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/772

Actions (login required)

View Item View Item