EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE OPERANT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMK NEGERI 1 GEMPOL

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Sulsi Lailil (2009) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN METODE OPERANT DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PAI DI SMK NEGERI 1 GEMPOL. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.isi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.1.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.2.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.3.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab.4.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daf.pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Hal ini disebabkan pembelajaran PAI yang dilaksanakan di sekolah-sekolah masih berjalan secara konvensional yakni pembelajaran yang menerapkan guru sebagai pemberi informasi dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk berpartisipasi. Peran aktif siswa didalam kelas diperlukan agar proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan metode operant atau metode pengendalian diri dalam belajar oleh siswa. Melalui metode ini tingkah laku siswa yang merugikan didalam belajar akan dihilangkan serta membentuk tingkah laku yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Gempol Pasuruan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu purposive sampling atau sampel tujuan. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode observasi, test, interview dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan uji-t.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat digambarkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan metode operant pada bab pengelolaan Infak, Zakat, Haji dan Wakaf bidang studi PAI di SMK Negeri I Gempol cukup baik, Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat tercapai yaitu sebesar 86%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar maka pembelajaran metode operant pada pokok bahasan pengelolaan Infak, Zakat, Haji dan Wakaf termasuk dalam kriteria tuntas.
Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan metode operant dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi PAI yang mana hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan karena t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,038,4042,72 jadi dapat dikatakan semakin efektif penggunaan metode operant pada bidang studi PAI semakin baik pula hasil belajar siswa.
Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMK Negeri I Gempol maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode yang tepat guna seperti metode operant .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Sulsi LaililUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Metode Operan; Hasil Belajar; Prestasi Belajar;
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 06 Feb 2015 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7722

Actions (login required)

View Item View Item