Studi komparasi keberhasilan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran Billboard Ranking di SMA Negeri I Gedeg Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmaniah, Yuli (2009) Studi komparasi keberhasilan belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran Billboard Ranking di SMA Negeri I Gedeg Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (744kB)
[img]
Preview
Text
Bab. I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. II.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. III.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. IV.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab. V.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daf. Pustaka.pdf

Download (82kB) | Preview

Abstract

Bagi seorang guru, keberhasilan belajar siswa merupakan hal yang dicita-citakan. Dalam meraih hal tersebut, banyak faktor yang mempengaruhinya, strategi pembelajaran sebagai salah satunya. Dengan perkembangan yang ada di dunia pendidikan sekarang ini menghendaki suatu pembelajaran dengan pengaktifan siswa dalam proses pembelajaran yang bertuuan siswa mencari pengetahuan-pengetahuan baru dengan sendirinya. Ini dinilai dapat menunjang keberhasilan siswa. Atas dasar ini guru dituntut untuk mampu menggunakan strategi pembelajaran yang baru dalam pembelajaran, tak terkecuali pada mata pelajaran PAI. Banyaknya penggunaan strategi pembelajaran pada saat ini, membuat peneliti ingin meneliti tentang perbedaan keberhasulan belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan agama islam menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran billboard ranking di SMA Negeri I Gedeg. Berlandaskan latar belakang tersebut dapat dirumuskan, pertama, bagaimana keberhasilan pembelajaran PAI siswa yang menggunakan strategi pembelajaran Billboard Ranking di SMA Negeri I Gedeg Mojokerto; kedua, bagaimana keberhasilan pembelajaran PAI siswa yang tidak menggunakan strategi pembelajaran Billboard Ranking di SMA Negeri I Gedeg Mojokerto; ketiga, adakah perbedaan antara keberhasilan pembelajaran PAI siswa yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi pembelajaran Billboard Ranking di SMA Negeri I Gedeg Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisa data statistik. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan interview, observasi, dokumentasi, dan tes. Untuk analisa data statistik mengenai ada tidaknya perbedaan keberhasilan belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi Billboard Ranking, digunakan rumus uji t (t-test).
Hasil yang diperoleh dari analisa data yang didapat adalah rata-rata kelas keberhasilan belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang menggunakan strategi billboard ranking adalah 77.3 dan yang tidak menggunakan strategi billboard ranking adalag 75.5. Meskipun terdapat perbedaan dalam rata-ratanya, namun jika dianalisis menggunakan rumus uji t dengan hasil 1 dan menghitung derajat perbedaan dengan hasil 25 dengan taraf signifikansi 5 % maka hasilnya adalah 2.479. Menunjukkan bahwa hasil dari uji t jauh di bawah nilai batas yaitu 2.479, sehingga memberikan kesimpulan tidak ada perbedaan keberhasilan belajar siswa dalam pembelajaran PAI yang menggunakan dan tidak menggunakan strategi billboard ranking di SMA negeri I Gedeg Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmaniah, Yuli--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Hasil Belajar; Metode Pembelajaran; Pendidikan Islam; Billboard Ranking
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 09 Jul 2019 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7780

Actions (login required)

View Item View Item