This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Ningtyas, Anita Prasasti (2009) Pengaruh implementasi Strategi index card match (mencocokkan kartu index) terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Bungah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
COVER.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (83kB) | Preview |
Abstract
Inti dari perubahan pendidikan adalah melakuakan perubahan perbaikan mutu pendidikan adalah melakukan perubahan kualitas proses belajar mengajar. Salah satu strategi yang menyenangkan yang bisa diterapkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah strategi index card match, diterapkannya strategi ini diupayakan agar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam.
Dalam melakukan penelitian, masalah yang diteliti antara lain: (1) Bagaimana implementasi strategi index card match pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Bungah Gresik, (2) Bagaimana hasil belajar Pendidikan Agama islam di SMP Negeri I Bungah Gresik, (3) Adakah pengaruh strategi index card match terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri I Bungah Gresik, (4) Bagaiman Respon sisiwa terhadap implementasi strategi ndex card match dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Sebelum diterapkanya strategi Index card match, terlebih dahulu guru memberi tahu siswa tentang cara main atau langkah-langkah dalam menerapkan strategi ini. Hal ini diharapkan agar siswa tidak mengalami kesulitan dalam menerapkannya. Dengan diterapkanya strategi ini pembelajaran menjadi sangat menyenangkan, siswa tidak merasa bosan terhadap materi yang diajarkan. Karena strategi ini mengajak siswa untuk bermain sambil belajar.
Strategi index card match dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam karena hasil belajar yang diperoleh sebelum dan sesudah diterapkanya strategi index card match dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam terjadi peningkatan hasil belajar. Sebelum diterapkannya strategi index card mach prosentase hasil belajar sebesar 80,1% dan sesudah diterapkan naik menjadi 85,7%. Dengan demikian strategi index card match sangat perlu diterapkan dalam proses pembelajaran terutama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, agar siswa lebih memahami materi yang diajarkan dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Strategi index card match sangat berpengaruh dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Berdasarkan penelitian ini disimpulkan bahwa hipotesis nol (H0) yang diajukan dengan pernyataan tidak terdapat pengaruh implementasi strategi index card match terhadap hasil belajar siswa sesudah strategi index card match diterapkan ditolak. Artinya terdapat pengaruh pengaruh implementasi strategi index card match terhadap hasil belajar siswa sesudah strategi index card match diterapkan.
Dengan diterapkannya strategi index card match, proses pembelajaran menjadi sangat menyenangkan, hal ini dapat dibuktikan dari hasil respon siswa yang banyak menyatakan bahwa mereka sangat senang diterapkannya strategi index card match dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Sumber Belajar | ||||||
Keywords: | Strategi index card match; mencocokkan kartu index | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 09 Feb 2015 02:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7793 |
Actions (login required)
View Item |