Efektivitas penerapan model Pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kreativitas siswa pada bidang studi PAI di SMPN I Kalitengah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Irmatun (2009) Efektivitas penerapan model Pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kreativitas siswa pada bidang studi PAI di SMPN I Kalitengah Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 3.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 4.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) selama ini masih sebatas sebagai proses penyampaian pengetahuan tentang agama Islam saja, sedangkan aplikasi nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari justru kurang mendapat perhatian. Guru kurang memberikan ruang berfikir kreatif, dimana diperlukan pemikiran kreatif, kritis dan ketrampilan tinggi di segala bidang. Oleh karena itu, tuntutan terhadap pendidikan di Indonesia untuk menghasilkan output yang memiliki potensi dalam berfikir kreatif dan kritis yang semakin tinggi.
Untuk itulah, penelitian ini mencoba menawarkan sebuah alternatif model pembelajaran yang dapat mendorong belajar kreatif ssiwa, yaitu model pembelajaran Treffinger. Model untuk mendorong belajar kreatif siswa ini merupakan salah satu dari sedikit model yang menangani masalah kreativitas secara langsung. Model ini dapat membantu siswa untuk berfikir kreatif dalam memecahkan masalah dimana model ini terdiri dari tiga tingkatan yaitu basic tools, practice with proses, dan working with real problem. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Treffinger. 2) Bagaimana kreativitas siswa. 3) Bagaimanakah efektivitas model pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kreativitas siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri I Kalitengah Lamongan. Jenis penelitian ini merupakan jenis eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan design pre test dan post test control group design. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah kelas VIIa dan VIIb SMP Negeri I Kalitengah Lamongan dengan menggunakan tehnik puposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik uji t. Untuk menganalisis data kuantitatif yang diperoleh darihasil post test, dan analisis non statistik yang digunakan untuk menganalisis data kualitatif. Berdasarkan analisis penerapan model pembelajaran Treffinger dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengelolah pembelajaran Treffinger selama tiga pertemuan adalah sangat baik yaitu dengan nilai rata-rata 3,27. Selain itu, hasil analisis untuk aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran Treffinger tergolong aktif, yaitu dengan nilai rata-rata 7,5, sedangkan jumlah rata-rata aktivitas siswa tidak aktif adalah 2,5. Hasil analisis untuk kreativitas siswa menunjukkan peningkatan dari nilai prosentase pre test sebesar 115,5% menjadi 119% pada post test. Sedangkan berdasarkan hasil data analisis data statistik dengan perhitungan uji t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung sebesar 3,76 dan ttabel sebesar 2,00, berarti thitung ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas pada penerapan model pembelajaran Treffinger dalam meningkatkan kreativitas siswa pada bidang studi PAI di SMP Negeri I Kalitengah Lamongan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Irmatun--UNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Model Pembelajaran Treffinger; Meningkatkan Kreativitas Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 04 Oct 2018 06:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7816

Actions (login required)

View Item View Item