Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Jetak Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilham, Muhammad (2009) Peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN Jetak Probolinggo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Ilham_D31304060.pdf

Download (432kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan yang berusaha mendiskripsikan tentang peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam meningkatkan prestasi belajar siswa dalam bidang study Pendidikan Agama Islam di SDN Jetak Probolinggo. Sebagai penunjang pendidikan buku merupakan hal yang tidak dapat dikesampingkan. Departemen Pendidikan Nasional meluncurkan program yang di namakan Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang menyediakan buku sekolah gratis yang dapat di unduh melalui situs Depdiknas yaitu berupa buku elektronik (e-book). Ada dua fasilitas yang disediakan dalam situs tersebut, yakni Download dan Baca Online, masyarakat luas dapat mengakses secara gratis buku dalam bentuk elektronik atau e-book. Guru, murid, pemerintah daerah, ataupun pengusaha diperkenankan untuk mengunduh, meng-copy, mencetak, menggandakan, bahkan sampai memperdagangkannya. Kehadiran BSE jelas akan memberikan dampak positif dalam mendukung kegiatan pembelajaran. Di bawah bimbingan guru, para siswa bisa diajak bersama-sama untuk mempelajari buku secara online, membahas dan mendalaminya secara bersama-sama, melakukan diskusi secara dialogis dan interaktif, sehingga atmosfer pembelajaran pun menjadi lebih aktif, inovatif, kreatif, efektif, dan menyenangkan. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan 48,88%. Dan peningkatan prestasi siswa di SDN Jetak Probolinggo setelah diterapkan Buku Sekolah Elektronik (BSE) mengalami peningkatan dalam pencapaian hasil prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI) yang cukup, hal ini berdasarkan pada hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh berada antara 55,64% dengan kreteria tergolong baik. Sedangkan peranan Buku Sekolah Elektronik (BSE) di SDN Jetak Probolinggo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang study Pendidikan Agama Islam (PAI)
dalam katagori sedang atau kecukupan. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,45 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,40 - 0,70 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang sedang. Sekalipun dengan adanya program baru ini tidak menutup kemungkinan adanya kendala-kendala yang harus dihadapi, dan demi tercapainya tujuan pembelajaran yang efisien dan efektif maka sedikit demi sedikit SDN Jetak Probolinggo bersama-sama memperbaiki kekurangan. Dengan skripsi ini diharapkan dapat membantu dalam memperbaiki kekurangan yang selama ini ada.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilham, Muhammad--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Buku Sekolah Elektronik; prestasi belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 31 Oct 2009
Last Modified: 29 Nov 2018 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item