This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Abidah, Nurul (2009) EFEKTIFITAS EVALUASI MODEL COUNTENANCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 1 SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
daf.pustaka.pdf Download (85kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menerapkan prinsip evaluasi secara menyeluruh, baik dalam aspek hasil belajar yang meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik, maupun proses secara keseluruhan, dari awal pra pembelajaran hingga hasil yang diharapkan.
Salah satu alternatif yang dapat ditempuh untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menerapkan evaluasi countenance atau evaluasi deskripsi dan pertimbangan. Yang membedakan dengan model evaluasi lain dari model ini adalah adanya pertimbangan yang dilakukan untuk menganalisa hasil observasi atas keterlaksanaan rencana pembelajaran. Sehingga pertimbangan tersebut dapat dijadikan acuan untuk perbaikan proses pembelajaran berikutnya.
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah semua siswa, sedangkan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik yaitu purposive sampling atau sampel tujuan. Metode yang digunakan penulis dalam pengumpulan data adalah metode angket, test, interview, observasi dan dokumentasi, selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dan dianalisis dengan uji-t.
Berdasarkan analisis data yang diperoleh dapat digambarkan bahwa kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran dengan evaluasi countenance pada bab taubat dan raja’ pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Sidoarjo cukup baik. Ketuntasan belajar siswa secara klasikal dapat tercapai yaitu sebesar 84%. Berdasarkan kriteria ketuntasan belajar maka pembelajaran evaluasi countenance pada pokok bahasan taubat dan raja’ termasuk dalam kriteria tuntas.
Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa efektifitas penggunaan evaluasi countenance dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam yang mana hal ini dapat dibuktikan dengan hasil perhitungan karena t0 lebih besar daripada tt yaitu 2,048,9232,76 jadi dapat dikatakan semakin efektif penggunaan evaluasi countenance pada bidang studi Pendidikan Agama Islam semakin baik pula hasil belajar siswa.
Untuk itu dari hasil penelitian yang ada, maka bagi pihak sekolah baik SMA Negeri 1 Sidoarjo maupun instansi pendidikan lainnya untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa dengan evaluasi yang tepat guna seperti evaluasi countenance .
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Evaluasi | ||||||
Keywords: | Evalusi Belajar; Model Countenance | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 31 Oct 2009 | ||||||
Last Modified: | 03 Feb 2015 05:38 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/7832 |
Actions (login required)
View Item |