This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Khoiriyah, Anis (2010) PROBLEMATIKA ANAK DIDIK DAN PERAN GURU AGAMA DALAM MENANGANINYA DI MADRASAH TSANAWIYAH RADEN RAHMAT UMBULSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
absrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
daf.isi.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
bab1.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
bab2.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
bab3.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
bab4.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
bab5.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan merupakan peranan yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa. Hal ini sudah menjadi tujuan bersama yang didasarkan pada Pancasila sebagai falsafah negara dalam UUD 1945, yaitu dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa.
Penelitian ini merupakan upaya untuk membahas 3 permasalahan, yaitu (1) Apa saja problematika anak didik; (2) Apa saja faktor penyebab problematika anak didik; dan (3) Bagaimana peran guru agama dalam menangani anak didik di MTs. Raden Rahmat.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kuantitatif deskriptif dengan pendekatan kuantitatif . Tehnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumentasi, yaitu untuk mengetahui tentang latar belakang, keadaan siswa, guru dan karyawan, keadaan sarana dan prasarana serta untuk mengetahui ada tidaknya peran guru agama dalam menangani problematika anak didik. Dan tehnik analisis datanya menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rumus mean dan standart prosentase.
Populasi dalam penelitian ini adalah kelas I, II dan III dan sampelnya 70 % dari kelas I dan II. Obyek penelitian skripsi ini bertempat di Sekolah Menengah Pertama MTs. Raden Rahmat.
Hasil penelitian yang diperoleh adalah adanya peran guru agama dalam menangani problematika anak didik di MTs. Raden Rahmat, berdasarkan perhitungan rumus mean diketahui bahwa 53 siswa atau 65,43 % jawaban responden menyatakan bahwa guru berperan dalam menangani problematika anak didik dengan kategori cukup.
Disarankan : (1) kepada guru agama agar lebih ditingkatkan lagi kerja sama dengan guru BP dalam menangani problematika anak didik dengan cara guru agama diusahakan harus bisa berperan sebagai guru BP, dan (2) dalam penelitian ini hanya menghasilkan kesimpulan tentang peran guru agama dalam menangani problematika anak didik, maka perlu rekomendasi penelitian lanjutan tentang pengaruh guru agama terhadap problematika anak didik di MTs. Raden Rahmat.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Manajemen Manajemen Pendidikan |
||||||
Keywords: | Anak Didik; Peran Guru | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 10 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 12 Feb 2015 08:13 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8140 |
Actions (login required)
View Item |