فعالية تطبيق التقويم التشخيصى المعرفي بوسيلة قويزاليز Quizalize في زيادة دافعية تعلم اللغة العربية لطلاب في الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوارجو

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tuada, Linura (2025) فعالية تطبيق التقويم التشخيصى المعرفي بوسيلة قويزاليز Quizalize في زيادة دافعية تعلم اللغة العربية لطلاب في الصف العاشر بالمدرسة الثانوية الإسلامية الحكومية بسيدوارجو. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Linura Tuada_06030221066 OK.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Linura Tuada_06030221066 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 26 September 2028.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui motivasi belajar siswa sebelum penerapan asesmen diagnostik kognitif berbasis media quizalize siswa kelas X di MAN Sidoarjo. 2) Mengetahui penerapan asesmen diagnostik kognitif berbasis media quizalize. 3) Mengetahui efektivitas asesmen diagnostik kognitif berbasis media quizalize dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa arab siswa kelas X di MAN Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan keefektifan penerapan asesmen diagnostik kognitif berbasis media quizalize. Data penelitian ini diperoleh dari instrumen angket (pre-test) dan (post-test). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X MAN Sidoarjo dengan sampel dari kelas X-9 MAN Sidoarjo. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar bahasa arab siswa sebelum penggunaan media sebesar 38,27 termasuk dalam kategori rendah. Dari uji prasyarat analisis data normalitas menggunakan Shapiro wilk menunjukkan nilai sig angket pre test 0,659 dan angket post test 0,097 > 0,05 sehingga data berditribusi normal. Uji hipotesis paired sample t test diperoleh nilai sig 0,028 < 0,05 maka H1 diterima dan H0 ditolak, yang artinya bahwa penerapan asesmen diagnostik kognitif berbasis media quizalize efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa arab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tuada, LinuraLinuratuada@gmail.com06030221066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, Muhammadbaihaqi@uinsby.ac.id2020027401
Thesis advisorHanifah, Umiumihanifah@uinsby.ac.id2028097802
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Evaluasi
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; Asesmen Diagnostik Kognitif; Media Quizalize; Motivasi Belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Unnamed user with email linuratuada@gmail.com
Date Deposited: 26 Sep 2025 02:02
Last Modified: 26 Sep 2025 02:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81450

Actions (login required)

View Item View Item