PERANAN PEER TUTOR (TUTOR SEBAYA) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMAN 1 GONDANG WETAN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riyadi, Muhammad (2010) PERANAN PEER TUTOR (TUTOR SEBAYA) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA DI SMAN 1 GONDANG WETAN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (12kB) | Preview

Abstract

Ada tiga persoalan yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu 1). Bagaimanakah penerapan metode tutor sebaya di SMAN 1 Gondang Wetan ? 2). Bagaimanakah pemahaman siswa di SMAN 1 Gondang Wetan ? 3) Bagaimanakah peranan tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman siswa ? adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan atau penerapan metode tutor sebaya serta peranannya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi PAI di SMAN 1 Gondang Wetan.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, serta analisis deskriptif, teknik pengumpulan datanya menggunakan indepth interview, observasi, dan dokumentasi.
Kesimpulan dari penulisan skripsi ini adalah bahwa 1). Pelaksanaan / penerapan metode tutor sebaya di SMAN 1 Gondang Wetan ada dua bentuk yaitu kegiatan tutor sebaya di dalam kelas dan kegiatan tutor sebaya di luar kelas. Kalau di dalam kelas terdapat beberapa kelompok belajar yang terdiri lima sampai enam anak, setiap kelompok terdapat tutor yang ditugaskan oleh guru menjelaskan, dan membimbing teman-temanya setelah guru menerangkan materi pelajaran secara langsung. Kalau di luar kelas setiap kelompok terlebih dahulu mengadakan kegiatan diskusi tentang materi pelajaran yang telah ditentukan oleh guru, selanjutnya setiap kelompok mengirimkan perwakilannya untuk diuji kemampuannya dalam format kompetisi atau cerdas cermat. 2). Tingkat pemahaman siswa setelah mengikuti kegiatan tutor sebaya mengalami perubahan-perubahan yang positif, diantaranya yaitu siswa lebih senang dan aktif dalam kegiatan belajar mengajar, siswa lebih berani bertanya, siswa dilatih menjelaskan dan menerangkan pelajaran yang telah ditentukan oleh guru kepada rekannya. 3). Peranan tutor sebaya dalam meningkatkan pemahaman materi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Gondang Wetan ini cukup baik hal ini dikarenakan fungsi tutor sebagai Pembina, pembimbing, sekaligus motivator bagi rekan-rekannya yang mengalami kesulitan belajar

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riyadi, MuhammadUNSPECIFIEDD01303202
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, NadlirUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Peer Tutor; Tutor Sebaya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2010
Last Modified: 01 Dec 2022 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8153

Actions (login required)

View Item View Item