Integrasi Madrasah Diniyah sebagai upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rochim, Muhammad Fatchur (2025) Integrasi Madrasah Diniyah sebagai upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fatchur Rochim_02040823045 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 12 September 2028.

Download (5MB)
[img] Text
Muhammad Fatchur Rochim_02040823045 OK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Integrasi Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Persoalan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah di sekolah dan apa peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Sumber data terdiri dari data skunder dan data primer. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun setelah data sudah terkumpul semua maka dilakukan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo termasuk dalam bentuk madrasah diniyah komplemen, yakni Lembaga Pendidikan keagamaan yang berfungsi sebagai pendukung, pelengkap, dan penguat bagi Pendidikan Formal. Madrasah diniyah komplemen, yaitu Madrasah Diniyah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sekolah umum atau madrasah yang bersangkutan wajib menjadi siswa Madrasah Diniyah. Kelulusan sekolah umum atau madrasah yang bersangkutan tergantung juga pada kelulusan madrasah diniyah. Peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu telihat pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Pada ranah kognitif, Madrasah Diniyah berperan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, yang terwujud dalam peningkatan hasil belajar mereka. Pada ranah afektif, yang meliputi sikap, nilai, dan emosi, terlihat dari partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, dan doa bersama, serta akhlak yang baik kepada teman, guru, dan masyarakat. Terakhir, pada ranah psikomotorik, terlihat peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan keagamaan dan kesadaran menjalankan akhlak terpuji.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rochim, Muhammad Fatchurmuhammadfatchur83@gmail.com02040823045
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii.iwa@gmail.com2020117003
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Integrasi; Peran Madrasah Diniyah; Mutu PAI.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Fatchur Rochim
Date Deposited: 12 Sep 2025 11:34
Last Modified: 12 Sep 2025 11:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81601

Actions (login required)

View Item View Item