This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Rochim, Muhammad Fatchur (2025) Integrasi Madrasah Diniyah sebagai upaya peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
![]() |
Text
Muhammad Fatchur Rochim_02040823045 Full.pdf Restricted to Repository staff only until 12 September 2028. Download (5MB) |
![]() |
Text
Muhammad Fatchur Rochim_02040823045 OK.pdf Download (5MB) |
Abstract
Tesis ini membahas tentang Integrasi Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Persoalan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah implementasi pembelajaran Madrasah Diniyah di sekolah dan apa peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, peneliti melakukan penelitian lapangan (field research) yang bertempat di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo. Sumber data terdiri dari data skunder dan data primer. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun setelah data sudah terkumpul semua maka dilakukan analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program madrasah diniyah di SD Khazanah Ilmu Sidoarjo termasuk dalam bentuk madrasah diniyah komplemen, yakni Lembaga Pendidikan keagamaan yang berfungsi sebagai pendukung, pelengkap, dan penguat bagi Pendidikan Formal. Madrasah diniyah komplemen, yaitu Madrasah Diniyah yang menjadi bagian tak terpisahkan dari sekolah umum atau madrasah yang bersangkutan wajib menjadi siswa Madrasah Diniyah. Kelulusan sekolah umum atau madrasah yang bersangkutan tergantung juga pada kelulusan madrasah diniyah. Peran Madrasah Diniyah dalam meningkatkan mutu pembelajaran PAI di SD Khazanah Ilmu telihat pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik. Pada ranah kognitif, Madrasah Diniyah berperan dalam meningkatkan pemahaman peserta didik, yang terwujud dalam peningkatan hasil belajar mereka. Pada ranah afektif, yang meliputi sikap, nilai, dan emosi, terlihat dari partisipasi aktif peserta didik dalam kegiatan keagamaan seperti shalat berjamaah, dan doa bersama, serta akhlak yang baik kepada teman, guru, dan masyarakat. Terakhir, pada ranah psikomotorik, terlihat peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan keagamaan dan kesadaran menjalankan akhlak terpuji.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Masters) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Subjects: | Pendidikan Islam | ||||||||||||
Keywords: | Integrasi; Peran Madrasah Diniyah; Mutu PAI. | ||||||||||||
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam | ||||||||||||
Depositing User: | Muhammad Fatchur Rochim | ||||||||||||
Date Deposited: | 12 Sep 2025 11:34 | ||||||||||||
Last Modified: | 12 Sep 2025 11:34 | ||||||||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81601 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |