Analisis strategi pemasaran segmenting, targeting, positioning, pada UMKM sarung tenun di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dalam prespektif etika bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tanio, Dhea Mei (2023) Analisis strategi pemasaran segmenting, targeting, positioning, pada UMKM sarung tenun di Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik dalam prespektif etika bisnis islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dhea Mei Tanio_G04217018 OK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Dhea Mei Tanio_G04217018 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 30 June 2028.

Download (2MB)

Abstract

UMKM sarung tenun Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik ini sudah menjadi tradisi yang turun menurun dan telah menjadi mata pencaharian bagi masyarakat Desa Wedani. Terdapat sekitar 60 pengrajin UMKM produksi sarung tenun. UMKM sarung tenun di Desa Wedani masih berbasis tradisional atau disebut (ATBM). Secara geografis Desa Wedani terletak di bagian selatan kota Gresik, kota yang memiliki julukan kota santri yang memiliki kebudayaan religious sehingga tidak heran apabila Kota Gresik banyak berdiri beberapa UMKM yang memproduksi sarung tenun sebagai keperluan ibadah atau sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh strategi pemasaran Segmentation, Targeting Dan Positioning dan Etika Bisnis Islam pada UMKM sarung tenun Desa Wedani Kecamatan Cerme Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan pengambilan data melalui wawancara pihak secara langsung. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi pemasaran Segmentation, Targetting dan Positioning serta prinsip-prinsip etika bisnis islam memiliki pengaruh terhadap penjualan produk UMKM sarung tenun Desa Wedani. Pada hasil penelitian ini penulis memberikan saran kepada para pemilik UMKM agar terus melakukan inovasi produk serta memanfaatkan perkembangan teknologi internet untuk menjual produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tanio, Dhea Meidheamei24@gmail.comG04217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Akhlak
Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Jual Beli
Bisnis
Keywords: Segmentation; Targeting dan Positioning; Etika Bisnis Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Dhea Mei Tanio
Date Deposited: 30 Jun 2025 07:59
Last Modified: 30 Jun 2025 07:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/81654

Actions (login required)

View Item View Item