PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN MEDIA FILM PADA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA JEMUNDO TAMAN SIDOARJO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nugroho, M. Agung Bimo (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN PECAHAN DENGAN MEDIA FILM PADA KELAS IV MI MIFTAHUL HUDA JEMUNDO TAMAN SIDOARJO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika materi bilangan pecahan yang dilaksanakan di MI Miftahul Huda pada kelas IV sudah menggunakan metode-metode dan media pembelajaran untuk pembelajaran matematika. Tetapi, sebagian besar siswa kurang memperhatikan pada saat guru menerangkan, mungkin metode dan media pembelajaran yang diterapkan belum cocok untuk kelas IV MI Miftahul Huda. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya pemahaman siswa dalam memahami materi bilangan pecahan, sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hal tersebut, maka peneliti akan melaksanakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan media film pada materi bilangan pecahan kelas IV MI Miftahul Huda Jemundo Taman Sidoarjo.
Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran Matematika pada materi bilangan pecahan menggunakan media Film untuk siswa kelas IV Mi Miftahul Huda Jemundo Taman Sidoarjo ?
(2) Bagaimana Peningkatan hasil belajar pada pelajaran Matematika materi bilangan paecahan menggunakan media Film untuk kelas IV MI Miftahul Huda Jemundo Taman Sidoarjo ?
Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggabungkan antara pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar.
Hasil penelitian ini: (1) Penerapan media film dalam meningkatkan hasil belajar matematika materi bilangan pecahan siswa kelas IV di MI Miftahul Huda dilaksanakan dengan baik. (2) Hasil belajar mata pelajaran matematika materi bilangan pecahan dengan media film mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar 74,28% dengan nilai rata-rata 64,4 pada siklus I dan persentase ketuntasan hasil belajar 88,57% dengan nilai rata-rata 74,42 pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Irfan Tamwifi
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nugroho, M. Agung BimoUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Keywords: Hasil Belajar; Matematika; Bilangan Pecahan; Media Film
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 08:37
Last Modified: 13 Feb 2015 08:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/817

Actions (login required)

View Item View Item