This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Purwanto, Purwanto (2010) Peran Guru kompeten dalam meningkatkan hasil belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Mamba'ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Text
Purwanto_D51206183.pdf Download (744kB) |
Abstract
Guru yang ideal adalah guru yang memiliki kemampuan personal, sosial, dan profesionaloleh karena itu guru yang profesional ditandai dengan memiliki kepribadian yang jujur dan bertanggung jawab dan bertindak sesuai dengan nilai dan moral, guru yang sosial ditandai dengan mampu bekerja sama dan ikut kegiatan sosial guru yang profesional ditandai dengan menguasai bahan pelajaran. Berpijak pada permasalahan di atas, maka dapat dirumuskan bahwa: Bagaimana kopetensi guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2008/ 2009? Dan yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan kopetensi guru dalam meningkatkan kualitas belajar siswa MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember Tahun Pelajaran 2008/ 2009. Adapun metode penelitian yaitu penentuan sampel dengan menggunakan tehnik purposive sampling, adapaun metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode observasi, interview dan dokumenter. Untuk analisis data digunakan analisa deskriptif reflektif.
Berdasarkan analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) Kompetensi guru dalam kegiatan mengajar yang meliputi kompetensi personal, social dan professional dapat meningkatkan kemampuan siswa dibidang kognitif siswa di MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember, hal ini ditandai dengan kemampuan siswa dalam merubah sikap dan minat siswa dalam kegiatan belajar; 2) Kompetensi guru dalam kegiatan mengajar dapat membantu siswa dalam meningkatkan kualitas bidang afektif siswa di MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari, hal ini tampak pada kemampuan siswa dalam memahami dalam pelaksanaan belajar mengajar; 3) Kompetensi guru dalam meningkatkan psikomotorik siswa di MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari, ditandai dengan pemahaman dalam melakukan suatu perbuatan dan dan dapat bertindah secara wajar, sesuai dengan tunttutan dan keadaan lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat dan kehidupan pada umumnya. Dan secara umum dapat disimpulkan bahwa: Kompetensi guru dalam kegiatan mengajar di MI Mamba’ul Khoirot Gadingrejo Umbulsari Jember, dapat ditinjau dari beberapa segi kualitas atau hasil belajar yang dicapai, baik dalam bidang kognitif, afektif dan psikomotorik siswa.
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Guru Pendidikan > Peran Guru Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan > Profesionalisme Guru |
||||||
Keywords: | Guru Kompeten; Hasil Belajar | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam | ||||||
Depositing User: | Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 11 Aug 2010 | ||||||
Last Modified: | 28 Jun 2019 06:05 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8176 |
Actions (login required)
View Item |