Pengembangan kurikulum Pesantren sebagai usaha meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren As-Sunniyyah Kencong Jember

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najih, M. Arifun (2010) Pengembangan kurikulum Pesantren sebagai usaha meningkatkan kualitas pendidikan di Pondok Pesantren As-Sunniyyah Kencong Jember. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Arifun Najih_D51206193.pdf

Download (877kB)

Abstract

Kehadiran pesantren tidak dapat dipisahkan dari tuntutan umat. Karena itu, pesantren sebagai lembaga pendidikan selalu menjaga hubungan yang harmonis dengan masyarakat di sekitarnya, sehingga keberadaannya di tengah-tengah masyarakat tidak menjadi terasing. Dalam waktu yang sama segala aktivitasnya pun mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat sekitarnya Pengembangan pesantren disamping dituntut untuk memasukkan pengetahuan non-agama ke dalam kurikulum pengajarannya, juga agar lebih efektif dan signifikan, praktek pengajaran di pesantren harus menerapkan metodologi yang lebih baru dan modern. Sebab, ketika didaktik-metodik yang diterapkan masih berkutat pada cara-cara lama yang ketinggalan zaman alias kuno, maka selama itu pula pesantren sulit untuk berkompetisi dengan institusi pendidikan lainnya Berangkat dari beberapa pokok pikiran di atas tersebut, penulis sangat tertarik untuk mengangkat permasalahan tentang pengembangan kurikulum pesantren dalam penelitian ini dengan judul Pengembangan Kurikulum Pesantren Sebagai Usaha Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Pondok Pesantren As-Sunniyyah Kencong Jember.
Selain itu dalam panelitian memiliki tujuan untuk mengetahui pengembangan kurikulum dipondok pesantren As-Sunniyyah.
Dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kasus dan penelitian lapangan sebagai obyek penelitian yaitu PP. Assunniyyah Kencong Jember, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh komponen yang ada di PP. Assunniyyah Kencong Jember, kemudian untuk memperoleh data-data yang diperlukan dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data : metode observasi, metode interview, dan metode dokumenter. Kemudian untuk menganalisis data, digunakan metode deskriptif kualitatif Dari seluruh proses yang telah dilakukan peneliti maka diperoleh kesimpulan yaitu : Secara garis besar faktor-faktor yang melatar belakangi pengembangan kurikulum di Pondok Pesantren As-Sunniyyah adalah dapat dikelompokkan menjadi dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Pelaksanaan pengembangan kurikulum pendidikan Pondok Pesantren As-Sunniyyah meliputi beberapa komponen pokok, yaitu komponen tujuan, materi, strategi dan evaluasi. Hal ini terbukti bahwa Pondok Pesantren As-Sunniyyah tersebut telah mengadopsi sistem pendidikan modern dengan mendirikan MI, MTs, MA dan perguruan Tinggi. Namun sistem selektivitas untuk menjaga nilai-nilai lama masih terpelihara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najih, M. ArifunUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pesantren
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Manajemen
Keywords: Kurikulum; Pesantren; Kualitas pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 05 Jul 2019 07:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8183

Actions (login required)

View Item View Item