PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTEK MUHADHASAH PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI (MATERI AL-QUR’AN HADITS) SISWA DI SMP PLUS AR-RAHMAT BOJONEGORO

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pambudi, Khafid (2014) PENGARUH PELAKSANAAN PRAKTEK MUHADHASAH PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PAI (MATERI AL-QUR’AN HADITS) SISWA DI SMP PLUS AR-RAHMAT BOJONEGORO. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, Muhadatsah merupakan pelajaran bahasa Arab yang pertama-tama diberikan. Sebab tujuan utama pengajaran bahasa Arab adalah agar peserta didik mampu bercakap-cakap (berbicara) dalam pembicaraan sehari-hari dengan berbahasa Arab dan membaca Al-Qur’an, dalam sholat dan do’a-do’a. Adapun pelaksanaan praktek Muhadhasah pagi sudah sekian lama telah intensif dilaksanakan di berbagai pondok pesantren baik salaf maupun khalaf (Modern) di Indonesia. Kegiatan ini juga mempunyai kontribusi yang nyata dan bersifat pragmatis terhadap korelasi dengan prestasi belajar di sekolah terutama pelajaran Pendidikan Agama Islam pada aspek al-Qur’an Hadits.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional. Dengan metode pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data-data tersebut dianalisis menggunakan rumus statistik yang berupa skala pengukuran instrumen, analisis deskriptif, analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien korelasi (R) dan koefisien determinasi (R2) dengan menguji validitas dan realibitas variabel-variabel penelitian.
Berdasarkan temuan data dari hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pelaksanaan praktek muhadastah pagi di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro berjalan dengan baik sesuai harapan siswa terbukti mayoritas dari 58 responden memberikan jawaban koesioner “sangat setuju” (dalam interval kelas 4,20 - < 5,00), sedangkan nilai rata-rata keseluruhan dari variabel praktek muhadatsah pagi mencapai 3.48. Sedangkan prestasi belajar PAI (materi al-Qur’an hadits) siswa di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro semakin meningkat. Ini dibuktikan dengan mayoritas dari 58 responden memberikan jawaban koesioner “sangat setuju” (dalam interval kelas 4.20- < 5.00), sedangkan nilai rata-rata keseluruhan dari variabel mencapai 4.31. Artinya prestasi belajar PAI siswa memperoleh nilai ujian yang bagus dengan mengikuti salah satu kegiatan di sekolah yaitu praktek muhadatsah pagi.
Sedangkan terdapat pengaruh praktek muhadatsah pagi terhadap prestasi belajar PAI materi al-Qur’an Hadits. Hal tersebut terbukti karena nilai sig 0.04 <
0.05 dan nilai t hitung -1.488 > t tabel 2.667. Oleh karena itu, Ho ditolak, Ha diterima dengan hipotesis yang berbunyi “Praktek muhadatsah pagi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar PAI (materi al-Qur’an hadits) siswa di SMP Plus Ar-Rahmat Bojonegoro”.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Sutiyono
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pambudi, KhafidUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Muhadatsah; Prestasi Belajar; Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 08:49
Last Modified: 13 Feb 2015 08:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/820

Actions (login required)

View Item View Item