IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PUCANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawati, Siti Nurfitriyani (2014) IMPLEMENTASI METODE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 5 PUCANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (781kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan; (1) Untuk Mendiskripsikan Implementasi Metode Numbered Heads Togerther (NHT) pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP (2) Untuk Mendiskripsikan ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar menggunakan Metode Numbered Heads Togerther sebelum dan sesudah perlakuan (3), Untuk mengetahui metode Numbered Heads Togerther (NHT) meningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik SMP Muhammadiyah 5 Pucang Surabaya. Sampel penelitian adalah kelas VIII G Internasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode tes hasil belajar, lembar observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah Sampel paired test/uji t.
Hasil dari penelitian ini adalah; 1) Pembelajaran PAI dengan metode Numbered Heads Together (NHT) sudah tepat dan sesuai. 2) Terdapat kenaikan hasil belajar/nilai sebelum dan sesudah perlakuan dengan prosentase nilai sebelum menggunakan Numbered Heads Together (NHT) mencapai 83,87%, dan meningkat pasca penerapan dengan mengunakan NHT mencapai 93,54%. 3) Terdapat = 0,05, diketahui dari tabel t =perbedaan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT), dengan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan metode konvensional. Dan juga berdasarkan hasil analisis data dari test yang dihitung dengan menggunakan perhitungan statistic paramentik, yaitu dengan menggunakan hipotesis data berpasangan (sampel paired tes) dapat diketahui bahwa dari perhitungan diatas didapat hasil bahwa: dk=N-1= 31- 1= 30 dengan 1.697 maka jika to < 1.697 maka terima Ho tetapi jika to 1.697 maka tolak Ho .
Setelah dibandingkan ternyata to > tt (5.69 > 1.697) maka tolak H0. Dengan ditolak H0 dan terima Ha maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ach. Muhibbin Zuhri
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawati, Siti NurfitriyaniUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Numbered Heads Together; NHT; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 08:53
Last Modified: 13 Feb 2015 08:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/821

Actions (login required)

View Item View Item