KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SEPANJANG

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyani, Nur Indah (2010) KEEFEKTIFAN PENERAPAN TEKNIK PROBING PROMPTING DALAM PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PELAJARAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 2 TAMAN SEPANJANG. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab3.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab4.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tujuan utama dalam proses pembelajaran khususnya bidang PAI adalah bagaimana nilai-nilai ajaran Islam yang diajarkan dapat tertanam dalam diri siswa. Untuk itu diawali dengan memberikan pemahaman, karena ketika mereka faham maksud dari ajaran Islam maka akan mudah diterapkan dalam kehidupannya sehari-hari baik dalam kehidupan pribadi maupun sosial, kemasyarakatan oleh karena itu peranan pemahaman sangatlah penting. Karena pemahaman adalah bersifat abstraksi maka dapat diketahui dari salah satunya yakini dengan menggunakan tanya jawab. Dengan bertanya dapat diketahui seberapa besar pemahaman siswa terhadap pelajaran. Dalam penelitian ini ada beberapa rumusan masalah yang ingin dijawab. Yakni meliputi: (1) Bagaimana penerapan teknik probing prompting dalam mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang. (2) Bagaimana nilai pemahaman siswa dalam materi pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman-Sepanjang. (3) Bagaimana keefektifan penerapan teknik probing prompting dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman-Sepanjang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII yang kemudian diambil sampel sebanyak 62 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yakni kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan VII E sebagai kelas kontrol.
Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian kuantitatif, sehingga hasil yang diperoleh adalah berupa angka dari hasil perhitungan. Penerapan teknik probing prompting menggunakan rumus mean yang diperoleh melalui hasil observasi kemampuan guru. Sedang untuk keefektifan penerapan teknik probing prompting dalam mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman-Sepanjang. Peneliti menggunakan teknik analisa data uji t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik prompting efektif dalam pemahaman siswa pada mata pelajaran al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang. Hal tersebut dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data statistik dengan perhitungan uji t dengan hasil thitung = 4,651 ttabel : 2.00 maka HO yang menyatakan bahwa pemahaman siswa dengan tidak menggunakan teknik probing prompting = pemahaman siswa dengan menggunakan teknik probing prompting ditolak. Dan Ha yang menyatakan bahwa pemahaman siswa dengan menggunakan teknik prompting ≠ pemahaman siswa dengan tidak menggunakan teknik probing prompting diterima. Artinya penerapan teknik probing prompting dapat meningkatkan pada pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 2 Taman-Sepanjang. Ini berarti teknik probing prompting dinyatakan efektif diterapkan di SMP Muhammadiyah 2 Taman Sepanjang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyani, Nur IndahUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Teknik Probing Prompting
Keywords: TEKNIK PROBING PROMPTING
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor: Library Administrator----- Information-----http://library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Aug 2010
Last Modified: 12 Feb 2015 01:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item