Upaya peningkatan keterampilan motorik halus melalui menganyam kertas pada anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah 27

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Erlinda Nur (2025) Upaya peningkatan keterampilan motorik halus melalui menganyam kertas pada anak usia 3-4 tahun di TK Aisyiyah 27. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Erlinda Nur Rahmawati_06020921028 OK.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Erlinda Nur Rahmawati_06020921028 Full.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 October 2028.

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan keterampilan motorik halus pada anak usia dini sangat erat kaitannya dengan aspek perkembangan lainnya, seperti kognitif, sosial, dan emosional. Kegiatan yang dirancang untuk merangsang kemampuan motorik halus dapat memberikan pengaruh positif terhadap pembentukan karakter anak, terutama dalam hal interaksi sosial dan pengendalian emosi saat beraktivitas bersama teman sebaya. Melalui kegiatan tersebut, anak dilatih untuk menjadi lebih sabar, mandiri, serta tekun dalam menyelesaikan tugas-tugas yang membutuhkan koordinasi antara penglihatan dan gerakan tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan menganyam kertas sebagai salah satu bentuk stimulasi keterampilan motorik halus bagi anak usia 3–4 tahun di TK Aisyiyah 27 Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga mengevaluasi peningkatan keterampilan anak selama proses intervensi berlangsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang merujuk pada model Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 22 anak, terdiri atas 10 anak laki-laki dan 12 anak perempuan. Fokus utama diarahkan pada penguatan motorik halus melalui aktivitas menganyam kertas, dan data dikumpulkan melalui metode observasi. Keberhasilan kegiatan diukur dari jumlah anak yang mencapai kategori “Berkembang Sangat Baik (BSB)” dengan minimal persentase sebesar 76%. Hasil yang diperoleh menunjukkan peningkatan keterampilan motorik halus anak secara signifikan. Pada tahap pra tindakan, rata-rata keterampilan anak tercatat sebesar 32,95%. Nilai ini meningkat menjadi 54,35% pada siklus I, dan terus meningkat hingga mencapai 75,18% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa aktivitas menganyam kertas mampu menjadi metode yang efektif dan terarah dalam membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus secara bertahap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Erlinda Nurerlindanur90@gmail.com06020921028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPangastuti, Ratnaratnapangastuti@hotmail.com2003118103
Thesis advisorErfansyah, Nasrul Fuaderfansyah@uinsby.ac.id2128058301
Subjects: Belajar
Keterampilan
Keywords: Anak usia dini; keterampilan motorik halus; aktivitas menganyam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Erlinda Nur Rahmawati
Date Deposited: 03 Oct 2025 03:47
Last Modified: 03 Oct 2025 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/82510

Actions (login required)

View Item View Item