MANAJEMEN PESERTA DIDIK ANAK JALANAN DI SANGGAR ALANG-ALANG SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Elisa Zakiyatur (2014) MANAJEMEN PESERTA DIDIK ANAK JALANAN DI SANGGAR ALANG-ALANG SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Fenomena anak jalanan di Indonesia adalah isu yang memerlukan perhatian khusus semua elemen masyarakat. Generasi muda termasuk anak jalanan juga merupakan aset berharga negara yang seharusnya diberdayakan, dirawat dan dididik agar nilai gunanya semakin tinggi. Untuk itu, anak jalan pun berhak memperoleh pendidikan. Salah satu alternatife untuk memecahkan masalah tersebut adalah dengan pendidikan non formal. Melalui pendidikan non formal tersebut, anak jalanan mampu meningkatkan life skill mereka sebagai bekal dalam terjun ke masyarakat dan dunia kerja. Namun manajemen peserta didik yang baik juga diperlukan untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat implementasi manajemen peserta didik dalam meningkatkan life skill anak jalanan di Sanggar Alang-alangdan kendala serta solusi mengatasi kendala tersebut Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus.
Ditemukan bahwa implementasi manajemen peserta didik di Sanggar Alang-alang dalam meningkatkan life skill anak jalanan disimpulkan dilaksanakan melalui kegiatan-kegiatan yang dimulai dari kegiatan perencanaan peserta didik (analisis peserta didik) hingga evaluasi peserta didik dan kelulusan dilaksanakan dengan baik sehingga mampu mencapai tujuan Sanggar Alang-alang yakni memberikan pembinaaan guna mengubah perilaku dan ketermpilan sehingga anak jalanan mampu hidup mandiri. Selain itu juga ditemui beberapa kendala dalam pelaksanaan manajemen peserta didik di Sanggar Alang-alang. Namun kendala-kendala tersebut dapat diatasi dengan beberapa solusi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Ali Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Elisa ZakiyaturUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan
Keywords: Pendidikan Non Formal; Manajemen Peserta Didik; Life Skill
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Feb 2015 09:09
Last Modified: 13 Feb 2015 09:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/827

Actions (login required)

View Item View Item